Broadcast 478: Wanita Tergoda Ketampanan Pria: Inspirasi Nabi Yusuf

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 478
TAFSIR INSPIRASI
YUSUF AYAT 30 - 35

📖 JUZ 12 YUSUF (NABI YUSUF)
Surah ke- 12 : 111 ayat

📑 WANITA TERGODA KETAMPANAN PRIA: INSPIRASI NABI YUSUF


1. Jika Tak Dapat Mendukung Jangan Mencibir

وَقَالَ نِسْوَةٌ فِي الْمَدِينَةِ امْرَأَةُ الْعَزِيزِ تُرَاوِدُ فَتَاهَا عَنْ نَفْسِهِ قَدْ شَغَفَهَا حُبًّا إِنَّا لَنَرَاهَا فِي ضَلالٍ مُبِينٍ (٣٠)

[12: 30]
Perempuan-perempuan di kota berkata, "Istri Al-Aziz menggoda dan merayu pelayannya untuk menundukkan dirinya, pelayannya benar-benar membuatnya mabuk cinta. Kami pasti memandang dia dalam kesesatan yang nyata".

💡INSPIRASI
MANUSIA BIJAK tidak akan mencibir orang lain, dia selalu berpikir "seandainya saya berada pada posisi itu".

2. Cibiran Terkadang Berbalik Arah

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَأً وَآتَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلا مَلَكٌ كَرِيمٌ (٣١)

[12: 31]
Ketika perempuan itu mendengar cercaan mereka, diundangnyalah perempuan-perempuan itu dan disediakannya tempat duduk bagi mereka, dan kepada masing-masing mereka diberikan sebuah pisau untuk memotong jamuan, kemudian dia berkata kepada Yusuf, "Keluarlah tampakkanlah dirimu kepada mereka". Ketika perempuan-perempuan itu melihatnya, mereka terpesona kepada keelokan rupanya, dan mereka tanpa sadar melukai tangannya sendiri. Seraya berkata, “Mahasempurna Allah, ini bukanlah manusia. Ini benar-benar malaikat yang mulia".

💡INSPIRASI
KEMUNAFIKAN hanya akan menghina diri sendiri

3. Orang Baik Selalu Diuji dan Tetaplah Berbuat Baik

قَالَتْ فَذَلِكُنَّ الَّذِي لُمْتُنَّنِي فِيهِ وَلَقَدْ رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ فَاسْتَعْصَمَ وَلَئِنْ لَمْ يَفْعَلْ مَا آمُرُهُ لَيُسْجَنَنَّ وَلَيَكُونًا مِنَ الصَّاغِرِينَ (٣٢)

[12: 32]
Istri Al-Aziz berkata, "Itulah orangnya yang menyebabkan kamu mencela aku karena aku tertarik kepadanya, dan sungguh, aku telah menggoda untuk menundukkan dirinya tetapi dia menolak. Jika dia tidak melakukan apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan, dan dia akan menjadi orang yang hina".

💡INSPIRASI
Selalu saja orang baik itu menjadi sasaran tembak, tapi TETAPLAH BERBUAT BAIK, karena kebaikan pasti akan menang

4. Mukmin Sejati Berlindung kepada Allah

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ وَإِلا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ (٣٣)

[12: 33]
Yusuf berkata, "Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk memenuhi keinginan mereka dan tentu aku termasuk orang yang bodoh".

💡INSPIRASI
Sebagai seorang nabi sejati, ia hanya BERLINDUNG KEPADA ALLAH. Hanya orang yang bodoh yang tidak mengenal kelemahan manusia dan kekuatan Allah

5. Allah Pasti Menolong Hamba-Nya

فَاسْتَجَابَ لَهُ رَبُّهُ فَصَرَفَ عَنْهُ كَيْدَهُنَّ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (٣٤)

[12: 34]
Tuhan memperkenankan doa Yusuf, dan Dia menghindarkan Yusuf dari tipu daya mereka. Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui

💡INSPIRASI
KEJUJURAN harus dipertahankan di hadapan mata semua pihak yang bersangkutan dengan adanya pengakuan istri Aziz sendiri

6. Walau di Penjara: Kebaikan Tetaplah Kebaikan

ثُمَّ بَدَا لَهُمْ مِنْ بَعْدِ مَا رَأَوُا الآيَاتِ لَيَسْجُنُنَّهُ حَتَّى حِينٍ (٣٥)

[12: 35]
Kemudian timbul pikiran pada mereka setelah melihat tanda-tanda kebenaran Yusuf bahwa mereka harus memenjarakannya sampai waktu tertentu

💡INSPIRASI
Lebih baik satu orang (sekali pun orang yang saleh) yang menanggung penderitaan dalam PENJARA, daripada orang banyak yang harus mengalami kegelisahan yang luar biasa

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
facebook.com/KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-478


Previous
Next Post »