Broadcast 494: Alquran Kisah Inspiratif Kesuksesan dan Kebahahagiaan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 494
TAFSIR INSPIRASI
YUSUF AYAT  107 - 111

📖 JUZ 13 YUSUF (NABI YUSUF)
Surah ke- 12 : 111 ayat

📑 10 KESIMPULAN INSPIRATIF DARI KISAH YUSUF AS (BAGIAN 2)


6. "Iman Kafir di Neraka" Tiada Guna
أَفَأَمِنُوا أَنْ تَأْتِيَهُمْ غَاشِيَةٌ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ أَوْ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (١٠٧)
Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan Kiamat kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya?
💡INSPIRASI
Biarlah kaum kafir TIDAK MERASAKAN adanya arti "AMAN" AKIBAT DOSA.

7. Dakwah Para Nabi dan Dai adalah Tauhid
قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ (١٠٨)
Katakanlah, "Inilah jalanku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kamu kepada Allah dengan yakin, Mahasuci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang musyrik".
💡INSPIRASI
Islam berpegang teguh pada pusat yang satu dalam kenyataannya kehidupan rohani, yakni KEESAAN ALLAH dan semua yang ada bersumber dari Dia dan hanya Dia semata.


8. Fakta "yang Beriman Bahagia, Kafir Menderita"
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلا رِجَالا نُوحِي إِلَيْهِمْ مِنْ أَهْلِ الْقُرَى أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَيَنْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَدَارُ الآخِرَةِ خَيْرٌ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا أَفَلا تَعْقِلُونَ (١٠٩)
Kami tidak mengutus sebelummu (Muhammad), melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Tidakkah mereka bepergian di bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka yang mendustakan rasul. Sungguh, negeri akhirat itu lebih baik bagi orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?
💡INSPIRASI
ORANG BERTAKWA, para nabi, seperti dalam sejarah Yusuf merupakan bukti tentang pertolongan dalam dunia ini dengan segala kekurangannya. Tetapi dia mencapai kejayaannya di mana-mana.


9. Allah pasti Menolong Mukmin
حَتَّى إِذَا اسْتَيْئَسَ الرُّسُلُ وَظَنُّوا أَنَّهُمْ قَدْ كُذِبُوا جَاءَهُمْ نَصْرُنَا فَنُجِّيَ مَنْ نَشَاءُ وَلا يُرَدُّ بَأْسُنَا عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ (١١٠)
Sehingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi tentang keimanan kaumnya dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada mereka (para rasul) itu pertolongan Kami, lalu diselamatkan orang yang Kami kehendaki. Siksa Kami tidak dapat ditolak dari orang yang berdosa.
💡INSPIRASI
RASUL HANYA MENYAMPAIKAN pesan kebahagiaan dan bahaya pembangkangan. Jika pesan itu ditolak, maka Allah dapat saja menyelamatkan para rasul dan membinasakan kaum kafir.


10. Alquran: Kisah Inspiratif Kesuksesan dan Kebahahagiaan
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لأولِي الألْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَى وَلَكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ (١١١)
Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. Alquran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. [Kisah-kisah para rasul atau kisah-kisah orang-orang jahat, karena keduanya saling terjalin, seperti dalam kisah Yusuf].
💡INSPIRASI
Karunia dan RAHMAT ALLAH kepada mereka yang hendak mendekatkan diri kepada-Nya dengan penuh iman serta tawakal.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 494


Previous
Next Post »