Broadcast 559: 6 Akhlak Yang Baik Dan 7 Akhlak Yang Buruk

📢 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-559
TAFSIR INSPIRASI
AL-NAHL  AYAT 90 - 95

📖 JUZ 14  AN-NAHL (LEBAH)
Surah ke- 16 : 128 ayat

6 AKHLAK YANG BAIK DAN 7 AKHLAK YANG BURUK


إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (٩٠)
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu (1) Baik berlaku adil dan (2) berbuat kebaikan, (3) memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang melakukan (1) perbuatan keji, (2) kemungkaran, dan (3)permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
💡INSPIRASI
KEADILAN adalah sebuah istilah yang menyeluruh, termasuk juga segala sifat hati yang jujur. Tetapi agama menuntut yang lebih hangat dan lebih manusiawi, melakukan pekerjaan dengan baik meskipun ini tidak diharuskan secara ketat oleh keadilan.


وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلا تَنْقُضُوا الأيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلا إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ (٩١)
(4) Tepatilah janji dengan Allah apabila kamu berjanji dan (4) janganlah kamu melanggar sumpah, setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu terhadap sumpah itu. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.
💡INSPIRASI
Mukmin harus menjaga secara JUJUR segala kewajiban yang diajarkan oleh Islam kepadanya.


وَلا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا تَتَّخِذُونَ أَيْمَانَكُمْ دَخَلا بَيْنَكُمْ أَنْ تَكُونَ أُمَّةٌ هِيَ أَرْبَى مِنْ أُمَّةٍ إِنَّمَا يَبْلُوكُمُ اللَّهُ بِهِ وَلَيُبَيِّنَنَّ لَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ (٩٢)

92. (5) Janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali. Kamu menjadikan sumpah perjanjianmu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Allah hanya menguji kamu dengan hal itu, dan pasti pada hari Kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.
[Kaum Muslimin yang jumlahnya masih sedikit itu telah mengadakan perjanjian yang kuat dengan Nabi Muhammad Saw. pada waktu mereka melihat orang Quraisy berjumlah banyak dan berpengalaman cukup, lalu timbullah keinginan mereka untuk membatalkan perjanjian dengan Nabi Muhammad Saw. itu. Maka perbuatan yang demikian itu dilarang oleh Allah Swt]
💡INSPIRASI
Janganlah menjadikan AGAMA dan JANJI hanya sekedar mainan.


وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَكِنْ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَلَتُسْأَلُنَّ عَمَّا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (٩٣)
Jika Allah menghendaki niscaya Dia menjadikan kamu satu umat saja, tetapi Dia menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Tetapi kamu pasti akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan.
💡INSPIRASI
KEHENDAK TAKDIR ALLAH dalam memberikan kebebasan berkehendak yang terbatas kepada manusia, bukan untuk memaksa kehendak manusia tetapi untuk memberikan petunjuk, dan membiarkan mereka yang menolak petunjuk itu, sekiranya mereka mau bertobat dan kembali kepada-Nya.

وَلا تَتَّخِذُوا أَيْمَانَكُمْ دَخَلا بَيْنَكُمْ فَتَزِلَّ قَدَمٌ بَعْدَ ثُبُوتِهَا وَتَذُوقُوا السُّوءَ بِمَا صَدَدْتُمْ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَلَكُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (٩٤)
(6) Janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan kakimu tergelincir setelah tegaknya kukuh, dan kamu akan merasakan keburukan di dunia karena kamu menghalangi manusia dari jalan Allah, dan kamu akan mendapat azab yang besar.
💡INSPIRASI
SUMPAH yang diucapkan bukan untuk menipu dan melegalkan perbuatan yang tidak legal. Itu salah; jika dilakukan, maka pelakunya menderita di dunia dan tersiksa di akhirat.


وَلا تَشْتَرُوا بِعَهْدِ اللَّهِ ثَمَنًا قَلِيلا إِنَّمَا عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (٩٥)
(7) Janganlah kamu jual perjanjian dengan Allah dengan harga murah, karena sesungguhnya apa yang ada di sisi Allah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
💡INSPIRASI
Keuntungan apa pun yang mungkin manusia peroleh dengan melanggar sumpah dan mengadakan pelanggaran terhadap undang-undang Allah, akan kecil sekali. Sementara bila manusia MENAATI PERINTAH ALLAH dan melakukan perbuatan yang benar keuntungan manusia akan jauh lebih besar.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-559

Previous
Next Post »