Broadcast 564: Konsumsi dan Syukuri Nikmat Allah

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 564
TAFSIR INSPIRASI
AN-NAHL AYAT 114 - 119

📖 JUZ 14 AN-NAHL (LEBAH)
Surah ke- 16 : 128 ayat

🐝 KONSUMSI DAN SYUKURI NIKMAT ALLAH

1. Makanan yang Halal: Sarana Untuk Mendekatkan Diri kepada Allah
فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ (١١٤)
Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.
💡INSPIRASI
REZEKI ITU BERSUMBER DARI ALLAH. Dunia ini adalah milik-Nya dititipkan kepada mukmin, nikmatilah yang halal dan baik


2. Yang Dihalalkan itu Banyak: yang Haram itu Sedikit
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (١١٥)
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (1) bangkai, (2) darah, (3) daging babi, dan (4) hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah, tetapi barangsiapa terpaksa memakannya bukan karena menginginkannya dan tidak pula melampaui batas, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
Empat hal yang diharamkan dari jutaan jenis hewan yang dihalalkan

3. Memalsukan Ajaran Tuhan Demi Keuntungan Dunia: Tidak Akan Bahagia
وَلا تَقُولُوا لِمَا تَصِفُ أَلْسِنَتُكُمُ الْكَذِبَ هَذَا حَلالٌ وَهَذَا حَرَامٌ لِتَفْتَرُوا عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ إِنَّ الَّذِينَ يَفْتَرُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ لا يُفْلِحُونَ (١١٦)
Janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta "Ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tidak akan beruntung.
💡INSPIRASI
Manusia mempunyai kecenderungan menciptakan bermacam-macam tabu buat dirinya sendiri, karena secara TAKHAYUL, dan sering pula karena tujuan-tujuan pribadi, lalu memperlakukannya atas nama agama. Tidak ada yang lebih patut dicela

4. Nikmat Dunia itu Sedikit & Terbatas
مَتَاعٌ قَلِيلٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (١١٧)
Itu adalah kesenangan yang sedikit; dan mereka akan mendapat azab yang pedih.
💡INSPIRASI
DUNIA INI SINGKAT DAN SEMENTARA, AKHIRAT ITU KEKAL DAN ABADI

5. Terkadang Pengharaman Dilakukan sebagai Pendidikan
وَعَلَى الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا مَا قَصَصْنَا عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ (١١٨)
Terhadap orang Yahudi, Kami haramkan apa yang telah Kami ceritakan dahulu kepadamu (Muhammad). (Lihat al-An‘am (6): 146) Kami tidak menzalimi mereka, justru merekalah yang menzalimi diri sendiri.
💡INSPIRASI
Ada PENGHARAMAN dilakukan sebagai wujud pendidikan dan pelatihan


6. Jika Berdosa: Mohon Ampunlah, Karena Allah Maha Pengampun
ثُمَّ إِنَّ رَبَّكَ لِلَّذِينَ عَمِلُوا السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ تَابُوا مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَأَصْلَحُوا إِنَّ رَبَّكَ مِنْ بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَحِيمٌ (١١٩)
Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu mengampuni orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat setelah itu dan memperbaiki dirinya, sungguh, Tuhanmu setelah itu benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
DOSA DIMAAFKAN bila dilakukan karena kebodohan atau tergelincir dan rasa penyesalan yang mendalam


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 564


Previous
Next Post »