Broadcast 569: 5 Kekuatan Dari Kebaikan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 569
TAFSIR INSPIRASI
AL-ISRA' AYAT 4 - 8

📖 JUZ 15  AL-ISRA'
(PERJALANAN DI MALAM HARI)
Surah ke- 17 : 111 ayat

🌆 5 KEKUATAN DARI KEBAIKAN


1. Merusak itu Kerugian
وَقَضَيْنَا إِلَى بَنِي إسْرائِيلَ فِي الْكِتَابِ لَتُفْسِدُنَّ فِي الأرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيرًا (٤)
Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu, "Kamu pasti akan berbuat kerusakan di bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar".
💡INSPIRASI
KESOMBONGAN ADALAH AWAL PENDERITAAN

2. Kejahatan itu Perlu Dicegah
فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ أُولاهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَنَا أُولِي بَأْسٍ شَدِيدٍ فَجَاسُوا خِلالَ الدِّيَارِ وَكَانَ وَعْدًا مَفْعُولا (٥)
Apabila datang saat hukuman bagi kejahatan yang pertama dari kedua kejahatan itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang perkasa, lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Itulah ketetapan yang pasti terlaksana.
💡INSPIRASI
KETETAPAN ALLAH PASTI TERLAKSANA, tertunda bukan berarti dilupakan


3. Kebaikan Pasti Untung
ثُمَّ رَدَدْنَا لَكُمُ الْكَرَّةَ عَلَيْهِمْ وَأَمْدَدْنَاكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَجَعَلْنَاكُمْ أَكْثَرَ نَفِيرًا (٦)
Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka, Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar.
💡INSPIRASI
KEMENANGAN dan KEKALAHAN adalah bagian dari roda kehidupan. Tapi mukmin sejati akhirnya yang menang


4. Kebaikan: untuk Diri Sendiri
إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لأنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الآخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا (٧)
Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Jika kamu berbuat jahat, maka kerugian kejahatan itu untuk dirimu sendiri. Apabila datang saat hukuman kejahatan yang kedua, Kami bangkitkan musuhmu untuk menyuramkan wajahmu lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai.
💡INSPIRASI
Pesan penting yang paling perlu untuk diulang-ulangi: jika kamu berbuat baik berarti kamu BERBUAT BAIK UNTUK DIRI SENDIRI. Begitu juga sebaliknya. Jika kamu berbuat jahat, maka kerugian KEJAHATAN ITU UNTUK DIRIMU SENDIRI


5. Puncak Kebaikan: Rahmat-Nya
عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يَرْحَمَكُمْ وَإِنْ عُدْتُمْ عُدْنَا وَجَعَلْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ حَصِيرًا (٨)
Mudah-mudahan Tuhan kamu melimpahkan rahmat kepada kamu; tetapi jika kamu kembali melakukan kejahatan, niscaya Kami kembali mengazabmu. Kami jadikan neraka Jahanam penjara bagi orang kafir.
💡INSPIRASI
Lepas dari masalah masa lampau, orang-orang masih dapat memperoleh pengampunan Allah. Kalau mereka masih saja meneruskan perbuatan dosa, AZAB ALLAH juga akan tetap menyertai mereka


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
facebook.com/KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 569


Previous
Next Post »