Broadcast 574: 8 Tata Krama Pergaulan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 574
TAFSIR INSPIRASI
AL-ISRA' AYAT 31 - 37

📖 JUZ 15  AL-ISRA'
(PERJALANAN DI MALAM HARI)
Surah ke- 17 : 111 ayat

🌆 8 TATA KRAMA PERGAULAN


1. Dilarang Membunuh Anak
وَلا تَقْتُلُوا أَوْلادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا (٣١)
(1) Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.
💡INSPIRASI
KEJAHATAN terhadap nyawa anak-anak ini di sini dilukiskan sebagai suatu DOSA besar


2. Dilarang Berzina
وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا (٣٢)
(2) Janganlah kamu mendekati zina; zina itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.
💡INSPIRASI
Perbuatan zina tidak saja keji karena zinanya dan tidak sejalan dengan harga diri dan menghargai orang lain, tetapi juga membuka jalan ke berbagai kejahatan, merusak dasar keluarga, berlawanan dengan kepentingan bayi dan calon bayi, dapat menyebabkan adanya pembunuhan, permusuhan dan merusak nama baik. Bukan saja hal ini harus dijauhi sebagai suatu dosa, tetapi setiap pendekatan atau godaan ke arah itu harus dijauhkan


3. Dilarang Membunuh
وَلا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلا بِالْحَقِّ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُومًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهِ سُلْطَانًا فَلا يُسْرِفْ فِي الْقَتْلِ إِنَّهُ كَانَ مَنْصُورًا (٣٣)
(3) Janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah membunuhnya, kecuali dengan suatu alasan yang benar. (Lihat al-An‘am (6): 151) Barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sungguh, Kami telah memberi kekuasaan kepada walinya, tetapi janganlah walinya itu melampaui batas dalam pembunuhan. Sesungguhnya dia adalah orang yang mendapat pertolongan.
[Kekuasaan di sini ialah ahli waris yang terbunuh atau penguasa untuk menuntut qishash atau menerima diat. Lihat al-Baqarah (2): 178. dan an-Nisa’ (4): 92]
💡INSPIRASI
Islam bukan agama yang berbasis teroris, yang meneror dan membunuh orang kapan dan di mana saja. Islam adalah agama damai, di mana nyawa manusia begitu berharga. Jika membunuh dibunuh


4 & 5. Investasi Harta Anak Yatim dan Setia pada Janji
وَلا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّى يَبْلُغَ أَشُدَّهُ وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُولا (٣٤)
(4) Janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai dia dewasa, dan (5) penuhilah janji, karena janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.
💡INSPIRASI
Mukmin menginvestasikan harta anak yatim dan menepati janji


6. Jujur: Visa Kehidupan
وَأَوْفُوا الْكَيْلَ إِذَا كِلْتُمْ وَزِنُوا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيمِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا (٣٥)
(6) Sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan timbangan yang benar. Itulah yang lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya.
💡INSPIRASI
Menjadi orang jujur dalam segala hal adalah menjadi orang baik bagi kelangsungan hidup kita. Kejujuran adalah modal hidup


7. Don’t Judge if You Don’t Understand
وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا (٣٦)
(7) Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.
💡INSPIRASI
Segala yang sia-sia harus dihindari sekalipun itu tidak sampai ke tingkat kejahatan yang positif


8. Jangan Angkuh
وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الأرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولا (٣٧)
(8) Janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.
💡INSPIRASI
Keangkuhan, ataupun kegirangan yang tidak pada tempatnya, karena kekuasaan, kekuatan atau kemampuan diri manusia ialah langkah pertama ke arah berbagai kejahatan


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 574

 


Previous
Next Post »