Broadcast 578: Diperingatkan agar Selamat

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 578
TAFSIR INSPIRASI
AL-ISRA' AYAT 56 - 60

📖 JUZ 15  AL-ISRA'
(PERJALANAN DI MALAM HARI)
SURAH KE- 17 : 111 AYAT

🌆 MENUHANKAN ALLAH: JALAN SELAMAT

1. Dilarang Menuduh Manusia Jadi Tuhan
قُلِ ادْعُوا الَّذِينَ زَعَمْتُمْ مِنْ دُونِهِ فَلا يَمْلِكُونَ كَشْفَ الضُّرِّ عَنْكُمْ وَلا تَحْوِيلا (٥٦)
Katakanlah (Muhammad), "Panggillah mereka yang kamu anggap tuhan selain Allah, mereka tidak kuasa untuk menghilangkan bahaya darimu dan tidak pula mampu mengubahnya."
[Apa yang dikatakan mereka tuhan itu ialah berhala, malaikat, jin dan sebagainya]
💡INSPIRASI
KECURIGAAN MANUSIA TERHADAP SATU SAMA LAIN DILARANG

2. Menyembah Allah: Solusi Cerdas
أُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا (٥٧)
Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan siapa di antara mereka yang lebih dekat kepada Allah. Mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. Sungguh, azab Tuhanmu itu sesuatu yang harus ditakuti."
[Nabi Isa as, para malaikat, dan Uzair yang mereka sembah itu menyeru dan mencari jalan mendekatkan diri kepada Allah]
💡INSPIRASI
Dari pada menyembah makhluk yang lemah, apakah tidak sebaiknya menurut akal sehat untuk MENYEMBAH ALLAH, Pencipta segalanya


3. Kafir Tersiksa: Kaum yang Ingkar Pasti Mendapat Hukuman
وَإِنْ مِنْ قَرْيَةٍ إِلا نَحْنُ مُهْلِكُوهَا قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ أَوْ مُعَذِّبُوهَا عَذَابًا شَدِيدًا كَانَ ذَلِكَ فِي الْكِتَابِ مَسْطُورًا (٥٨)
Tidak ada suatu negeri pun yang durhaka penduduknya, melainkan Kami membinasakannya sebelum hari Kiamat atau Kami siksa penduduknya dengan siksa yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Lauh Mahfuz).
💡INSPIRASI
KAFIR PASTI DISIKSA DAN TERSIKSA


4. Kuasa Allah: Ada dan Nyata
وَمَا مَنَعَنَا أَنْ نُرْسِلَ بِالآيَاتِ إِلا أَنْ كَذَّبَ بِهَا الأوَّلُونَ وَآتَيْنَا ثَمُودَ النَّاقَةَ مُبْصِرَةً فَظَلَمُوا بِهَا وَمَا نُرْسِلُ بِالآيَاتِ إِلا تَخْوِيفًا (٥٩)
Tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan kepadamu tanda-tanda kekuasaan Kami, melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang terdahulu. Telah Kami berikan kepada kaum Samud unta sebagai mukjizat yang dapat dilihat, tetapi mereka menganiaya unta itu. Kami tidak mengirimkan tanda-tanda itu melainkan untuk menakut-nakuti.
💡INSPIRASI
MUKJIZAT, TANDA-TANDA dan segala isyarat oleh Allah dikirimkan SEBAGAI PERINGATAN untuk menanamkan rasa takut ke dalam hati orang-orang jahat itu


5. Diperingatkan agar Selamat
وَإِذْ قُلْنَا لَكَ إِنَّ رَبَّكَ أَحَاطَ بِالنَّاسِ وَمَا جَعَلْنَا الرُّؤْيَا الَّتِي أَرَيْنَاكَ إِلا فِتْنَةً لِلنَّاسِ وَالشَّجَرَةَ الْمَلْعُونَةَ فِي الْقُرْآنِ وَنُخَوِّفُهُمْ فَمَا يَزِيدُهُمْ إِلا طُغْيَانًا كَبِيرًا (٦٠)
Ingatlah ketika Kami wahyukan kepadamu, “Sungguh, ilmu Tuhanmu meliputi seluruh manusia." Kami tidak menjadikan mimpi (tentang Perang Badar yang dialami Rasulullah Saw sebelum peristiwa Perang Badar itu terjadi atau penglihatan yang dialami Rasulullah Saw pada waktu malam Isra' dan Mi‘raj) yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan begitu pula pohon yang terkutuk (zaqqum) dalam Alquran. Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka.
💡INSPIRASI
Ditakut-takuti dan DIBERI PERINGATAN TERHADAP BAHAYA NERAKA adalah nikmat yang PERLU DISYUKURI, agar tidak terjerumus


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 578


Previous
Next Post »