Broadcast 580: Buta di Akhirat

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 580
TAFSIR INSPIRASI
AL-ISRA' AYAT 66 - 72

📖 JUZ 15  AL-ISRA'
(PERJALANAN DI MALAM HARI)
SURAH KE- 17 : 111 AYAT

🌆 ALLAH PENYELAMAT MUKMIN


1. Berlayar: Anugerah Allah
رَبُّكُمُ الَّذِي يُزْجِي لَكُمُ الْفُلْكَ فِي الْبَحْرِ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا (٦٦)
Tuhanmulah yang melayarkan kapal-kapal di lautan untukmu, agar kamu mencari karunia-Nya. Sungguh, Dia Maha Penyayang terhadapmu.
💡INSPIRASI
Merupakan karunia dan NIKMAT ALLAH adalah kapal berlayar di lautan, pesawat terbang di udara


2. Allah Penyelamat di Manapun
وَإِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَنْ تَدْعُونَ إِلا إِيَّاهُ فَلَمَّا نَجَّاكُمْ إِلَى الْبَرِّ أَعْرَضْتُمْ وَكَانَ الإنْسَانُ كَفُورًا (٦٧)
Apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilang semua yang biasa kamu seru, kecuali Dia. Tetapi ketika Dia menyelamatkan kamu ke daratan, kamu berpaling dari-Nya. Manusia memang selalu ingkar dan tidak bersyukur.
💡INSPIRASI
Berlawanan dengan karunia dan rahmat Allah, manusia sebaliknya tidak suka bersyukur. BILA BAHAYA DIA INGAT KEPADA ALLAH, kemudian dia lupa bersyukur bila bahaya sudah berlalu


3. Allah Pelindung di Manapun
أَفَأَمِنْتُمْ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمْ جَانِبَ الْبَرِّ أَوْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِبًا ثُمَّ لا تَجِدُوا لَكُمْ وَكِيلا (٦٨)
Maka apakah kamu merasa aman bahwa Dia tidak akan membenamkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan angin keras yang membawa batu-batu kecil? Kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun.
💡INSPIRASI
Manusia tidak akan aman baik di darat maupun di laut, kecuali dengan karunia dan RAHMAT ALLAH


4. Musibah sebab Kekafiran
أَمْ أَمِنْتُمْ أَنْ يُعِيدَكُمْ فِيهِ تَارَةً أُخْرَى فَيُرْسِلَ عَلَيْكُمْ قَاصِفًا مِنَ الرِّيحِ فَيُغْرِقَكُمْ بِمَا كَفَرْتُمْ ثُمَّ لا تَجِدُوا لَكُمْ عَلَيْنَا بِهِ تَبِيعًا (٦٩)
Ataukah kamu merasa aman bahwa Dia tidak akan mengembalikan kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia tiupkan angin topan kepada kamu dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu? Kamu tidak akan mendapatkan seorang penolong pun dalam menghadapi  Kami.
💡INSPIRASI
Kalau seorang manusia lari dari kemurkaan Allah, tidak akan ada tempat yang aman baginya


5. Manusia Hakekatnya Mulia
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلا (٧٠)
Sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.
💡INSPIRASI
MARTABAT DAN KEHORMATAN yang dianugerahkan Allah kepada manusia dipaparkan kembali untuk memperkuat adanya kewajiban dan tanggung jawab manusia yang seimbang


6. Di Akhirat: Semua Dibayar Tunai
يَوْمَ نَدْعُو كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ فَمَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَأُولَئِكَ يَقْرَءُونَ كِتَابَهُمْ وَلا يُظْلَمُونَ فَتِيلا (٧١)
Ingatlah, pada hari ketika Kami panggil setiap umat dengan pemimpinnya; dan barangsiapa diberikan catatan amalnya di tangan kanannya mereka akan membaca catatannya dengan baik, dan mereka tidak akan dirugikan sedikit pun.
💡INSPIRASI
SEMUA AMAL TERCATAT, mukmin bergembira, karena kebaikan kecil yang dia lakukan, dibalas dengan anugerah yang berlimpah ruah


7. Buta di Akhirat
وَمَنْ كَانَ فِي هَذِهِ أَعْمَى فَهُوَ فِي الآخِرَةِ أَعْمَى وَأَضَلُّ سَبِيلا (٧٢)
Barangsiapa buta hatinya di dunia ini, maka di akhirat dia akan buta dan tersesat dari jalan yang benar.
💡INSPIRASI
BUTA, tak melihat cahaya, makin jauh kafir berjalan makin jauh dia dari kebenaran


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 580


Previous
Next Post »