Broadcast 606: 6 Hikmah Dari Perbuatan Khidir AS

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 606
TAFSIR INSPIRASI
AL-KAHFI AYAT 77 - 82

📖 JUZ 16 AL-KAHFI (GUA)
SURAH KE- 18 : 110 AYAT

🎑 6 HIKMAH DARI PERBUATAN KHIDIR AS

1. Tetap Balas Keburukan dengan Kebaikan
فَانْطَلَقَا حَتَّى إِذَا أَتَيَا أَهْلَ قَرْيَةٍ اسْتَطْعَمَا أَهْلَهَا فَأَبَوْا أَنْ يُضَيِّفُوهُمَا فَوَجَدَا فِيهَا جِدَارًا يُرِيدُ أَنْ يَنْقَضَّ فَأَقَامَهُ قَالَ لَوْ شِئْتَ لاتَّخَذْتَ عَلَيْهِ أَجْرًا (٧٧)
Maka keduanya berjalan; hingga ketika keduanya sampai kepada penduduk suatu negeri, mereka berdua meminta dijamu oleh penduduknya, tetapi mereka (penduduk negeri itu) tidak mau menjamu mereka, kemudian keduanya mendapatkan dinding rumah yang hampir roboh di negeri itu, lalu dia menegakkannya. Musa berkata, "Jika engkau mau, niscaya engkau dapat meminta imbalan untuk itu".
💡INSPIRASI
Setelah mendapat perlakuan yang tidak bersahabat, sebagai orang yang punya harga diri, seharusnya kota itu mereka tinggalkan saja. Tetapi sebaliknya KHIDIR malah berbuat begitu BAIK


2. Hidup Perlu Sabar
قَالَ هَذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا (٧٨)
Dia berkata, "Inilah perpisahan antara aku dengan engkau; aku akan memberikan penjelasan kepadamu atas perbuatan yang engkau tidak mampu sabar terhadapnya".
💡INSPIRASI
Manusia dituntut mencari artinya sehubungan dengan PENGALAMAN HIDUP sendiri dalam arti lahir dan batin


3. Selalu ada Hikmah Di Balik Musibah
أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدْتُ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا (٧٩)
Adapun perahu itu adalah milik orang miskin yang bekerja di laut; aku bermaksud merusaknya, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang akan merampas setiap perahu.
💡INSPIRASI
Apa yang sekarang tampaknya suatu perbuatan kejam yang tidak dapat dijelaskan, sebenarnya adalah PERBUATAN BAIK yang dalam hal ini akan sangat besar artinya

4. Iman Jaminan Kebahagiaan
وَأَمَّا الْغُلامُ فَكَانَ أَبَوَاهُ مُؤْمِنَيْنِ فَخَشِينَا أَنْ يُرْهِقَهُمَا طُغْيَانًا وَكُفْرًا (٨٠)
Adapun anak muda (kafir) itu, kedua orang tuanya mukmin, dan kami khawatir kalau dia akan memaksa kedua orang tuanya kepada kesesatan dan kekafiran.
💡INSPIRASI
KEIMANAN orang tua merupakan jaminan kebahagiaan diri di hari tua


5. Soleh Berbuat Baik
فَأَرَدْنَا أَنْ يُبْدِلَهُمَا رَبُّهُمَا خَيْرًا مِنْهُ زَكَاةً وَأَقْرَبَ رُحْمًا (٨١)
Kemudian kami menghendaki, sekiranya Tuhan mereka menggantinya dengan seorang anak lain yang lebih baik kesuciannya daripada anak itu dan lebih sayang kepada ibu bapaknya.
💡INSPIRASI
Menjadi anak saleh adalah menjadi anak yang dapat berbakti kepada Allah dan menjalin hubungan baik dengan orang tua. CINTA ALLAH TERDAPAT PADA CINTA ORANG TUA


6. Soleh: Asuransi Hidup Sesungguhnya
وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا (٨٢)
Adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu. Apa yang kuperbuat bukan menurut kemauanku sendiri. Itulah keterangan perbuatan-perbuatan yang engkau tidak sabar terhadapnya".
💡INSPIRASI
Saleh artinya layak pakai. KESALEHAN ORANG TUA karena kebaikannya yang menyebar akan menjadi asuransi utama atas KEBAHAGIAAN ANAK CUCU DIKEMUDIAN HARI

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 606


Previous
Next Post »