Broadcast 673: Pertolongan Allah itu Dekat

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 673
TAFSIR INSPIRASI
AL-ANBIYA' AYAT 76 - 79

📖 JUZ 17 AL-ANBIYA' (NABI-NABI)
SURAH KE- 21 : 112 AYAT

🌞 FAKTA “NABI & MUKMIN PASTI SELAMAT & BERJAYA” (BAGIAN 1)


1. Allah Menyelamatkan Nabi & Mukminin
وَنُوحًا إِذْ نَادَى مِنْ قَبْلُ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَنَجَّيْنَاهُ وَأَهْلَهُ مِنَ الْكَرْبِ الْعَظِيمِ (٧٦)
Ingatlah kisah Nuh, sebelum itu, ketika dia berdoa. Kami perkenankan doanya, lalu Kami selamatkan dia bersama pengikutnya dari bencana yang besar.
💡INSPIRASI
Orang-orang yang sezaman dengan NUH hanyut dalam kekufuran, penindasan terhadap kaum tidak punya dan suka bertengkar

2. Melawan Allah Pasti Tenggelam dalam Siksa
وَنَصَرْنَاهُ مِنَ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمَ سَوْءٍ فَأَغْرَقْنَاهُمْ أَجْمَعِينَ (٧٧)
Kami menolongnya dari orang-orang yang telah mendustakan ayat-ayat Kami. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang jahat, maka Kami tenggelamkan mereka semuanya.
💡INSPIRASI
MUKMIN PASTI DITOLONG ALLAH. Terlambat menurut mukmin, tapi pada hakikatnya pertolongan Allah itu dekat

3. Bersama Allah Pasti Arif & Bijaksana
وَدَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ إِذْ يَحْكُمَانِ فِي الْحَرْثِ إِذْ نَفَشَتْ فِيهِ غَنَمُ الْقَوْمِ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شَاهِدِينَ (٧٨)
Ingatlah kisah Daud dan Sulaiman, ketika keduanya memberikan keputusan mengenai ladang, karena ladang itu dirusak oleh kambing-kambing milik kaumnya. Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu.
💡INSPIRASI
KEPUTUSAN DILAKUKAN DENGAN CARA SEADIL-ADILNYA


4. Keputusan Diambil Berdasarkan Ilmu dan Alibi
فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (٧٩)
Kami memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum yang lebih tepat; dan kepada masing-masing Kami berikan hikmah dan ilmu, dan Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Kamilah yang melakukannya. [Ada sekelompok kambing telah merusak tanaman pada waktu malam. Pemilik tanaman mengadukan hal ini kepada Nabi Daud as, dan dia memutuskan bahwa kambing-kambing itu harus diserahkan kepada pemilik tanaman sebagai ganti tanaman yang rusak. Tetapi Nabi Sulaiman as memutuskan agar kambing-kambing itu diserahkan sementara kepada pemilik tanaman untuk diambil manfaatnya. Pemilik kambing diharuskan mengganti tanaman itu dengan tanaman yang baru. Apabila tanaman yang baru telah dapat diambil hasilnya, pemilik kambing itu boleh mengambil kambingnya kembali. Keputusan Nabi Sulaiman as yang lebih tepat].
💡INSPIRASI
Tuhanlah Yang memberi WAHYU untuk melaksanakan keadilan itu yang sebenarnya. Apa pun yang ada di langit dan di bumi menyanyikan puji-pujian kepada Allah


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
📷 i.instagram.com/kitaptafsirinspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 673



Previous
Next Post »