Broadcast 692: Berperang Demi Kebenaran

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 692
TAFSIR INSPIRASI
AL-HAJJ AYAT 38 - 41

📖 JUZ 17 AL HAJJ (HAJI)
SURAH KE- 22 : 78 AYAT

🌁 BERPERANG & TEGAKNYA ISLAM YANG DAMAI


1. Allah Pasti Membela Mukmin
إِنَّ اللَّهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُورٍ (٣٨)
Sesungguhnya Allah membela orang yang beriman. Sungguh, Allah tidak menyukai setiap orang yang berkhianat dan kufur nikmat.
💡INSPIRASI
ALLAH BERSAMA MUKMIN: membela dan menolong. Kebersamaan itu jangan dirusaki dengan pengkhianatan dan pengingkaran


2. Perang Diizinkan Akibat Diperangi & Terzalimi
أُذِنَ لِلَّذِينَ يُقَاتَلُونَ بِأَنَّهُمْ ظُلِمُوا وَإِنَّ اللَّهَ عَلَى نَصْرِهِمْ لَقَدِيرٌ (٣٩)
Diizinkan berperang kepada orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Sungguh, Allah Mahakuasa menolong mereka itu.
💡INSPIRASI
Diseret dari tempat tinggal mereka, tanpa alasan, hanya karena mereka menyembah Allah Yang Maha Esa. Inilah kejadian pertama yang MEMPERBOLEHKAN PERANG DALAM ARTI MEMBELA DIRI


3. Perang Ditabuh Saat Penduduk Diusir, Tempat Ibadah Dirusak
الَّذِينَ أُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ إِلا أَنْ يَقُولُوا رَبُّنَا اللَّهُ وَلَوْلا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَصَلَوَاتٌ وَمَسَاجِدُ يُذْكَرُ فِيهَا اسْمُ اللَّهِ كَثِيرًا وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ (٤٠)
Yaitu orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, "Tuhan kami ialah Allah". Seandainya Allah tidak menolak keganasan sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yang menolong agama-Nya. Sungguh, Allah Mahakuat, Mahaperkasa.
💡INSPIRASI
Mukmin yang baik pasti ditolong Allah. Walaupun disakiti, diusir dan disiksa; tapi batinnya tidak dapat disakiti, karena ALLAH MENURUNKAN KETENANGAN DAN KEDAMAIAN


4. Akhir dari Perang adalah Menyembah Allah & Amar Makruf dalam Kedamaian
الَّذِينَ إِنْ مَكَّنَّاهُمْ فِي الأرْضِ أَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ وَأَمَرُوا بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنْكَرِ وَلِلَّهِ عَاقِبَةُ الأمُورِ (٤١)
Yaitu orang-orang yang jika Kami beri kedudukan di bumi, mereka melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.
💡INSPIRASI
Mereka bukan berperang untuk diri sendiri, untuk tanah air, untuk kekuasaan atau kedudukan. Mereka BERPERANG DEMI KEBENARAN


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 692



Previous
Next Post »