Broadcast 724: Larangan Tuduhan Palsu

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 724
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 11 - 15

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 LARANGAN TUDUHAN PALSU

1. Walaupun "Tuduhan Palsu itu Menyakitkan" ada Pelajaran Berharga Darinya
إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالإفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ لا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الإثْمِ وَالَّذِي تَوَلَّى كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ (١١)
Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu mengenai istri Rasulullah Saw ‘Aisyah ra Ummul Mukminin, setelah perang dengan Bani Musaliq pada bulan Sya‘ban 5 H adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu mengira berita itu buruk bagi kamu bahkan itu baik bagi kamu. Setiap orang dari mereka akan mendapat balasan dari dosa yang diperbuatnya. Barangsiapa di antara mereka yang mengambil bagian terbesar dari dosa yang diperbuatnya, dia mendapat azab yang besar pula.
💡INSPIRASI
FITNAH dengan berbisik-bisik lebih jahat daripada secara terbuka dan memperlihatkan kesalahan

2. Pelajaran Berharga itu adalah "Tiap Insan harus Berbaik Sangka"
لَوْلا إِذْ سَمِعْتُمُوهُ ظَنَّ الْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بِأَنْفُسِهِمْ خَيْرًا وَقَالُوا هَذَا إِفْكٌ مُبِينٌ (١٢)
Mengapa mukminin dan mukminat tidak berbaik sangka terhadap diri mereka sendiri, ketika kamu mendengar berita bohong itu dan berkata, "Ini adalah suatu berita bohong yang nyata".
💡INSPIRASI
Jauhi BURUK SANGKA, sungguh buruk sangka itu DAPAT MENIMBULKAN DUSTA dan kebohongan

3. Tuduhan Tetaplah Tuduhan Sampai didatangkan 4 Saksi
لَوْلا جَاءُوا عَلَيْهِ بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ فَإِذْ لَمْ يَأْتُوا بِالشُّهَدَاءِ فَأُولَئِكَ عِنْدَ اللَّهِ هُمُ الْكَاذِبُونَ (١٣)
Mengapa mereka yang menuduh itu tidak datang membawa empat saksi? Oleh karena mereka tidak membawa saksi-saksi, maka mereka itu dalam pandangan Allah adalah orang-orang yang berdusta.
💡INSPIRASI
Siapa pun bila akan menangani soal ini dengan sungguh-sungguh, maka sudah menjadi kewajibannya untuk mengadakan penyelidikan yang seksama dan MEMBERIKAN KESAKSIAN. Tanpa dapat melakukan itu mereka sendirilah yang harus terpidana sebagai pembuat fitnah

4. Tuduhan Palsu itu Terkutuk & Tersiksa
 وَلَوْلا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ لَمَسَّكُمْ فِي مَا أَفَضْتُمْ فِيهِ عَذَابٌ عَظِيمٌ (١٤)
Seandainya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu di dunia dan di akhirat, niscaya kamu ditimpa azab yang besar, disebabkan oleh pembicaraan kamu tentang hal itu (berita bohong itu).
💡INSPIRASI
Karena RAHMAT ALLAH juga mereka masih diselamatkan dari berbagai akibat buruk, dalam hidup di dunia ini dan di akhirat

5. Menuduh Tanpa Bukti Menurut Allah itu Kejahatan Besar
إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ (١٥)
Ingatlah ketika (1) kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan (2) kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan (3) kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.
💡INSPIRASI
FITNAH ITU SANGAT BERBAHAYA, terutama bila menyangkut kehormatan dan nama baik perempuan yang saleh

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II : D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🆔 http://line.me/ti/p/%40zlf3934q

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 724


Previous
Next Post »