Broadcast 726: Hubungan yang Menuduh & yang Dituduh

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 726
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 22 - 26

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 HUBUNGAN YANG MENUDUH & YANG DITUDUH

1. Yang Telah Dituduh & Difitnah: Maafkanlah Mereka yang Menuduh
وَلا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٢٢)
Janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka tidak akan memberi bantuan kepada kerabatnya, orang-orang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
Seorang pelindung yang pemurah ketika dalam keadaan marah, tidak boleh menarik bantuannya sekalipun terhadap kesalahan besar jika yang bersangkutan sudah menyatakan penyesalannya dan memperbaiki kelakuannya. Kalau ALLAH MEMAAFKAN manusia, siapalah dia masih mau menolak memberi maaf kepada sesama

2. Yang Menuduh Terlaknat di Dunia & Akhirat dengan Siksa yang Besar
إِنَّ الَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلاتِ الْمُؤْمِنَاتِ لُعِنُوا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (٢٣)
Sungguh, orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan baik, yang lengah yang tidak pernah sekalipun teringat akan perbuatan yang keji dan beriman dengan tuduhan berzina, mereka dilaknat di dunia dan di akhirat, dan mereka akan mendapat azab yang besar.
💡INSPIRASI
Pembuat fitnah telah melakukan kejahatan besar, dan hukuman keras yang menimpa mereka ialah terkikisnya karunia Allah dari mereka, yakni dalam arti keadaan yang sangat terkutuk

3. Di Akhirat: Lidah, Tangan & Kaki Bersaksi Memberatkan Diri  Sendiri 
يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٢٤)
Pada hari, ketika lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Jasad kita dan segala kemampuan kita menjadi saksi kuat terhadap kita jika kita menyalahgunakan untuk perbuatan jahat).
💡INSPIRASI
Sebaliknya daripada menggunakannya untuk segala perbuatan baik, yang untuk itulah SEGALANYA ITU DIANUGERAHKAN KEPADA KITA

4. Akhirat adalah Balasan Hakiki: Penuduh Hati-hati & yang Dituduh Bersabar
يَوْمَئِذٍ يُوَفِّيهِمُ اللَّهُ دِينَهُمُ الْحَقَّ وَيَعْلَمُونَ أَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ الْمُبِينُ (٢٥)
Pada hari itu Allah menyempurnakan balasan yang sebenarnya bagi mereka, dan mereka tahu bahwa Allah Mahabenar, Maha Menjelaskan.
💡INSPIRASI
Semua yang manusia anggap tersembunyi akan menjadi terang di depan PENGADILAN ALLAH, sebab Dialah satu-satunya kebenaran. Dialah cahaya yang sebenarnya, sedang segala cahaya fisik hanyalah sebuah pantulan

5. Baik Bertemu dengan yang Baik,dan Sebaliknya
الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُولَئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ (٢٦)
Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji pula, sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik pula. Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga). [Ayat ini menunjukkan kesucian ’Aisyah ra dan Safwan dari segala tuduhan. Rasulullah adalah orang yang paling baik maka perempuan yang baik pula yang menjadi istri beliau].
💡INSPIRASI
PASANGAN yang bersih dengan yang bersih, dan yang kotor dengan yang kotor. Jika yang kotor mau menghubungkan kejahatan pada yang bersih, yang bersih tidak akan tercemar oleh kotoran itu, tetapi harus menghindari setiap kesempatan untuk berbicara sembrono. Makin banyak setan berusaha merusak nama baik atau memfitnah, secara gemilang mereka akan lebih banyak pula dilindungi dan dibekali dengan kesempurnaan lahir dan batin. Ini meningkatkan hidup mereka

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 726


Previous
Next Post »