Broadcast 736: Pedoman Pergaulan Dalam Rumah Tangga

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 736
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 58 - 59

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 PEDOMAN PERGAULAN DI DALAM RUMAH TANGGA: BAGIAN 1

1. Perlu Izin, Jika Anak Masuk Kamar Orangtua dalam 3 Waktu 
 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلاةِ الْعِشَاءِ ثَلاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الآيَاتِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (٥٨)
Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya laki-laki dan perempuan yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali kesempatan yaitu, (1) sebelum shalat Subuh, (2) ketika kamu menanggalkan pakaian luarmu di tengah hari, dan (3) setelah shalat Isya. Itulah tiga aurat (waktu) bagi kamu. Tidak ada dosa bagimu dan tidak pula bagi mereka selain dari tiga waktu itu; mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu kepadamu. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana. [Tiga macam waktu yang biasanya pada waktu-waktu itu badan banyak terbuka. Oleh sebab itu, Allah melarang hamba sahaya dan anak-anak di bawah umur untuk masuk ke kamar tidur orang dewasa tanpa izin].
💡INSPIRASI
Agar BISA MENGHARGAI sendiri hidup di dunia, menghargai kehidupan orang lain adalah mutlak

2. Izin Tidak Perlu bagi Anak Bayi
وَإِذَا بَلَغَ الأطْفَالُ مِنْكُمُ الْحُلُمَ فَلْيَسْتَأْذِنُوا كَمَا اسْتَأْذَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (٥٩)
Apabila anak-anakmu telah sampai umur dewasa, maka hendaklah mereka juga meminta izin, seperti orang-orang yang lebih dewasa meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya kepadamu. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana. [Anak-anak dari orang merdeka yang bukan mahram yang telah balig, haruslah meminta izin terlebih dahulu jika hendak masuk ke kamar tidur orang tua, seperti cara orang-orang yang disebut dalam ayat 27 dan 28 surah ini].
💡INSPIRASI
Islam itu memiliki AKHLAK yang perlu dijaga dan dihormati, termasuk dalam adab BERTAMU

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
📷 i.instagram.com/kitaptafsirinspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 736


Previous
Next Post »