Broadcast 742: 4 Prinsip Hidup

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 742
TAFSIR INSPIRASI
AL-FURQAAN AYAT 17 - 20

📖 JUZ 18 AL-FURQAAN (PEMBEDA)
SURAH KE- 25 : 77 AYAT

📌 4 PRINSIP HIDUP

1. Prinsip Hidup: "Jangan Mencari Kambing Hitam"
وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَقُولُ أَأَنْتُمْ أَضْلَلْتُمْ عِبَادِي هَؤُلاءِ أَمْ هُمْ ضَلُّوا السَّبِيلَ (١٧)
Ingatlah pada hari ketika Allah mengumpulkan mereka bersama apa yang mereka sembah selain Allah, lalu Dia berfirman kepada yang disembah, "Apakah kamu yang menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendirikah yang sesat dari jalan yang benar?"
💡INSPIRASI
MANUSIA CERDAS adalah manusia yang tidak mencari kambing hitam atas kesalahan yang dia pilih dan lakukan

2. Prinsip Hidup: "Neraka Diraih Akibat Lupa Allah, Lupa Akhirat & Lupa Diri"
قَالُوا سُبْحَانَكَ مَا كَانَ يَنْبَغِي لَنَا أَنْ نَتَّخِذَ مِنْ دُونِكَ مِنْ أَوْلِيَاءَ وَلَكِنْ مَتَّعْتَهُمْ وَآبَاءَهُمْ حَتَّى نَسُوا الذِّكْرَ وَكَانُوا قَوْمًا بُورًا (١٨)
Mereka yang disembah itu (malaikat, Uzair, Nabi Isa as dan berhala-berhala serta lainnya) menjawab, "Mahasuci Engkau, tidaklah pantas bagi kami mengambil pelindung selain Engkau, tetapi Engkau telah memberi mereka dan nenek moyang mereka kenikmatan hidup, sehingga mereka melupakan peringatan; dan mereka kaum yang binasa".
💡INSPIRASI
ANUGERAH ALLAH sudah begitu melimpah kepada manusia, tetapi mereka tetap ingkar kepada-Nya. Sungguh mereka "tidak berguna dan binasa".

3. Prinsip Hidup: "Berani Berbuat, Berani Bertanggung Jawab"
فَقَدْ كَذَّبُوكُمْ بِمَا تَقُولُونَ فَمَا تَسْتَطِيعُونَ صَرْفًا وَلا نَصْرًا وَمَنْ يَظْلِمْ مِنْكُمْ نُذِقْهُ عَذَابًا كَبِيرًا (١٩)
Sungguh, mereka yang disembah itu telah mengingkari apa yang kamu katakan, maka kamu tidak akan dapat menolak azab dan tidak dapat pula menolong dirimu, dan barangsiapa di antara kamu berbuat zalim, niscaya Kami timpakan kepadanya rasa azab yang besar.
💡INSPIRASI
Memilih kekafiran adalah kesalahan. Saat ini MASIH ADA KESEMPATAN untuk merubah pilihan, nanti akan ada masa di mana penyesalan tiada guna

4. Sehebat Apapun Nabi & Dai: Mereka adalah Teladan yang Tak Dapat Dipersalahkan
وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنَ الْمُرْسَلِينَ إِلا إِنَّهُمْ لَيَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَيَمْشُونَ فِي الأسْوَاقِ وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا (٢٠)
Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu (Muhammad), melainkan mereka pasti memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar? Tuhanmu Maha Melihat.
💡INSPIRASI
Betapapun pengalaman-pengalaman manusia dengan orang lain, yang demikian itu harus manusia jadikan penunjang untuk TUJUAN MEMPERBAIKI ROHANInya, dan barangkali juga untuk mereka

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 742

Previous
Next Post »