Broadcast 798: Ilmu Hadiah Terindah dari Allah

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 798
TAFSIR INSPIRASI
AN-NAML AYAT 15 - 19

📖 JUZ 19 AN-NAML (SEMUT)
SURAH KE- 27 : 93 AYAT

🐜 TAMBAH ILMU, TAMBAH HIDAYAH: INSPIRASI


1. Ilmu Hadiah Terindah dari Allah (Cerdas Spiritual)
وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ عِلْمًا وَقَالا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَى كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ (١٥)
Sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman".
💡INSPIRASI
Ajaran Islam memandang Nabi Daud dan Sulaiman sebagai orang yang saleh dan bijaksana, yang dalam pengetahuan rohani mereka berkedudukan tinggi. Mereka menghubungkan segala pengetahuan, kearifan dan kekuasaan mereka hanya kepada ALLAH, SUMBER SEGALA KEBAIKAN YANG SEBENARNYA


2. Ilmu Bahasa Asing & Ilmu yang Bermanfaat (Cerdas Intelektual)
وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ وَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِينُ (١٦)
Sulaiman telah mewarisi Daud, (Nabi Sulaiman as menggantikan kenabian dan kerajaan Nabi Daud as serta mewarisi ilmu pengetahuan dan Kitab Zabur yang diturunkan kepadanya) dan Sulaiman berkata, "Wahai manusia! Kami telah diajari bahasa burung dan kami diberi segala sesuatu. Sungguh, semua ini benar-benar karunia yang nyata".
💡INSPIRASI
Sulaiman bukan hanya mewarisi kerajaan ayahnya, tetapi juga wawasan rohani dan tugas kenabian. NABI SULAIMAN MEMPUNYAI SEGALA MACAM BAKAT yang menarik. Dengan penuh rasa syukur nabi dan dai mengembalikan semua sebab itu kepada Allah, pemberi segala bakat


3. Ilmu Mendisiplinkan Diri
وَحُشِرَ لِسُلَيْمَانَ جُنُودُهُ مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ (١٧)
Untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib.
💡INSPIRASI
MASYARAKAT MODERN yang maju adalah masyarakat yang memiliki kedisiplinan dan tata tertib yang telah menjadi kebiasaan


4. Ilmu Berempati (Kecerdasan Emotional)
حَتَّى إِذَا أَتَوْا عَلَى وَادِ النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ لا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (١٨)
Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, "Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari".
💡INSPIRASI
Dalam DUNIA ROHANI, tempat masih ada bagi orang yang paling hina sekali pun


5. Ilmu Mensyukuri Nikmat & Kesalehan Sosial
فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ (١٩)
Sulaiman tersenyum lalu tertawa karena mendengar perkataan semut itu. Dia berdoa, "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebaikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".
💡INSPIRASI
Dalam KERAJAAN ALLAH, kebaikan adalah lencana tanda kewarganegaraan. Yang terbesar dalam kerajaan itu ialah kegembiraan dan kebahagiaan untuk berdoa demi lencana yang pokok itu
 

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 798

Previous
Next Post »