Broadcast 826: HIdup Senang dan Kaya Bukan untuk Disombongkan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 826
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 56 - 61

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 PANDUAN ALLAH ITU MEMBAHAGIAKAN
1. Hanya Allah yang dapat Memberi Taufik kepada Hamba-Nya untuk Beriman
إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ (٥٦)
Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.
💡INSPIRASI
HIDAYAH DAN PETUNJUK BERSUMBER DARI ALLAH dan itu banyak sekali, lebih dari butir pasir di pantai. Tinggal manusia: ambil atau tinggalkan, yang lain tidak dapat memaksa, walau dia seorang nabi

وَقَالُوا إِنْ نَتَّبِعِ الْهُدَى مَعَكَ نُتَخَطَّفْ مِنْ أَرْضِنَا أَوَلَمْ نُمَكِّنْ لَهُمْ حَرَمًا آمِنًا يُجْبَى إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْءٍ رِزْقًا مِنْ لَدُنَّا وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لا يَعْلَمُونَ (٥٧)
Mereka berkata, "Jika kami mengikuti petunjuk bersama engkau, niscaya kami akan diusir dari negeri kami". Allah berfirman Bukankah Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam tanah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan dari segala macam tumbuh-tumbuhan sebagai rezeki bagimu dari sisi Kami? Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
💡INSPIRASI
Makin banyak BERLINDUNG KEPADA ALLAH, makin kuat kamu dalam benteng itu


2. Allah Tidak Membinasakan Umat Sebelum Diutus Utusan dengan Buku Panduan
وَكَمْ أَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ بَطِرَتْ مَعِيشَتَهَا فَتِلْكَ مَسَاكِنُهُمْ لَمْ تُسْكَنْ مِنْ بَعْدِهِمْ إِلا قَلِيلا وَكُنَّا نَحْنُ الْوَارِثِينَ (٥٨)
Betapa banyak penduduk negeri yang sudah bersenang-senang dalam kehidupannya yang telah Kami binasakan, maka itulah tempat kediaman mereka yang tidak didiami lagi setelah mereka, kecuali sebagian kecil. Kamilah yang mewarisinya".
💡INSPIRASI
Hidup senang dan KAYA BUKAN UNTUK DISOMBONGKAN. Tetapi banyak orang atau kota ataupun peradaban yang tumbuh dengan kesombongan demikian


وَمَا كَانَ رَبُّكَ مُهْلِكَ الْقُرَى حَتَّى يَبْعَثَ فِي أُمِّهَا رَسُولا يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا وَمَا كُنَّا مُهْلِكِي الْقُرَى إِلا وَأَهْلُهَا ظَالِمُونَ (٥٩)
Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri, sebelum (1) Dia mengutus seorang rasul di ibukotanya yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan (2) tidak pernah pula Kami membinasakan penduduk negeri; kecuali penduduknya melakukan kezaliman.
💡INSPIRASI
Dua alasan satu KOTA DIMUSNAHKAN: 1. kebaikan yang ditolak, 2. kezaliman yang diagungkan


3. Isi Panduan: Kehidupan Duniawi: Bayangan dan Kehidupan Akhirat Kekal dan Abadi
وَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَزِينَتُهَا وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَى أَفَلا تَعْقِلُونَ (٦٠)
Apa saja kekayaan, jabatan, keturunan yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti?
💡INSPIRASI
Orang yang BERPIKIR SEHAT tidak akan mengambil dunia dan meninggalkan akhirat, atau masih akan ragu jika datangnya itu merupakan suatu pilihan


 أَفَمَنْ وَعَدْنَاهُ وَعْدًا حَسَنًا فَهُوَ لاقِيهِ كَمَنْ مَتَّعْنَاهُ مَتَاعَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ثُمَّ هُوَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنَ الْمُحْضَرِينَ (٦١)
Apakah sama orang yang Kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu dia memperolehnya, dengan orang yang Kami berikan kepadanya kesenangan hidup duniawi; kemudian pada hari Kiamat dia termasuk orang-orang yang diseret ke dalam neraka?
💡INSPIRASI
KENIKMATAN DUNIAWI bukan apa-apa dibandingkan dengan kenikmatan yang rohani


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 826


Previous
Next Post »