Broadcast 835: Hikmah Ambisi Meraih yang Terbaik

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 835
TAFSIR INSPIRASI
AL-‘ANKABUT AYAT 6 - 9

📖 JUZ 20 AL-‘ANKABUT (LABA-LABA)
SURAH KE- 29 : 69 AYAT

❇️ HIKMAH "AMBISI" UNTUK MERAIH YANG TERBAIK


1. Tegar dalam Berusaha karena Manfaatnya Kembali kepada Diri Sendiri
وَمَنْ جَاهَدَ فَإِنَّمَا يُجَاهِدُ لِنَفْسِهِ إِنَّ اللَّهَ لَغَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (٦)
Barangsiapa berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu untuk dirinya sendiri. Sungguh, Allah Mahakaya tidak memerlukan sesuatu dari seluruh alam.
💡INSPIRASI
Semua USAHA MUKMIN AKAN MENGUNTUNGKAN ROHANINYA SENDIRI. Kalau dia berbicara tentang pengabdiannya kepada Allah, tidak berarti bahwa dia memberikan suatu keuntungan kepada Allah


2. Terhapus Dosa & Tambah Pahala: Dorongan Prestasi untuk Beriman & Beramal
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَحْسَنَ الَّذِي كَانُوا يَعْمَلُونَ (٧)
Orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.
💡INSPIRASI
Dalam berusaha membersihkan iman dan hidup ini, manusia mampu menghindari segala akibat perbuatannya yang salah, sebab ALLAH AKAN MENGAMPUNI KESALAHAN MANUSIA masa lalu dan membantu untuk mencapai masa depan dengan dasar yang terbaik yang manusia kerjakan. Segala penghapusan dosa adalah karena rahmat Allah


3. Harga Diri untuk “Tidak Mempersekutukan Allah” Sekali pun Ajakan dari Ibu Bapak
وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (٨)
Kami wajibkan kepada manusia agar berbuat kebaikan kepada kedua orang tuanya. Jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
💡INSPIRASI
Anak-anak dan semua orang tua harus ingat benar, bahwa mereka SEMUA AKAN DIBAWA KE DEPAN PENGADILAN ALLAH, dan harus mempertanggung jawabkan setiap perbuatannya

4. Semangat Melakukan Kebaikan Bersumber dari Iman & Amal
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُدْخِلَنَّهُمْ فِي الصَّالِحِينَ (٩)
Orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan mereka pasti akan Kami masukkan mereka ke dalam golongan orang yang saleh.
💡INSPIRASI
Dengan MENGERJAKAN PERBUATAN BAIK, orang yang sudah jahat akan dikembalikan ke dalam pergaulan masyarakat yang baik, yang saleh sehingga menjadi persahabatan yang indah


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
facebook.com/KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 835


Previous
Next Post »