Broadcast 890: Hukum Anak Angkat Tidak Sama Dengan Anak Kandung

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 890
TAFSIR INSPIRASI
AL-AHZAB  AYAT 37-40

📖 JUZ  22 AL-AHZAB
SURAH KE- 33 : 73 AYAT

HUKUM ANAK ANGKAT TIDAK SAMA DENGAN ANAK KANDUNG

1. Bekas Istri Anak Angkat: Boleh Dinikahi oleh Bapak Angkat
وَإِذْ تَقُولُ لِلَّذِي أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِ أَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللَّهَ وَتُخْفِي فِي نَفْسِكَ مَا اللَّهُ مُبْدِيهِ وَتَخْشَى النَّاسَ وَاللَّهُ أَحَقُّ أَنْ تَخْشَاهُ فَلَمَّا قَضَى زَيْدٌ مِنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا لِكَيْ لا يَكُونَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ حَرَجٌ فِي أَزْوَاجِ أَدْعِيَائِهِمْ إِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًا وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ مَفْعُولا (٣٧)
Ingatlah, ketika engkau (Muhammad) berkata kepada orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dan engkau juga telah memberi nikmat kepadanya, “Pertahankanlah terus istrimu dan bertakwalah kepada Allah,” sedang engkau menyembunyikan di dalam hatimu apa yang akan dinyatakan oleh Allah, dan engkau takut kepada manusia, padahal Allah lebih berhak engkau takuti. Maka ketika Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), Kami nikahkan engkau dengan Zainab setelah habis idahnya agar tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk menikahi istri-istri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya terhadap istrinya. Ketetapan Allah itu pasti terjadi.
💡INSPIRASI
Kepercayaan takhayul dan tabu orang-orang jahiliah tentang ANAK ANGKAT dibuang sama sekali


3. Nabi dan Mukmin Taat Aturan Allah
مَا كَانَ عَلَى النَّبِيِّ مِنْ حَرَجٍ فِيمَا فَرَضَ اللَّهُ لَهُ سُنَّةَ اللَّهِ فِي الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلُ وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ قَدَرًا مَقْدُورًا (٣٨)
Tidak ada keberatan apa pun pada Nabi tentang apa yang telah ditetapkan Allah baginya. Allah telah menetapkan yang demikian sebagai sunah Allah pada nabi-nabi yang telah terdahulu. Ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku.
💡INSPIRASI
Ketentuan Allah di dunia ini selalu PENUH HIKMAH


4. Yang Ditakuti Mukmin Hanya Allah
الَّذِينَ يُبَلِّغُونَ رِسَالاتِ اللَّهِ وَيَخْشَوْنَهُ وَلا يَخْشَوْنَ أَحَدًا إِلا اللَّهَ وَكَفَى بِاللَّهِ حَسِيبًا (٣٩)
Yaitu orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan tidak merasa takut kepada siapa pun selain kepada Allah. Cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan. Para rasul yang menyampaikan syariat-syariat Allah kepada manusia.
💡INSPIRASI
Tanggung jawab kita KEPADA ALLAH, bukan kepada manusia

5. Nabi Muhammad itu Nabi Akhir Zaman
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا (٤٠)
Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, karena itu janda Zaid (Zainab) dapat dinikahi oleh Rasulullah Saw, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
💡INSPIRASI
Bila sebuah dokumen sudah disegel, berarti sudah lengkap, tidak dapat ditambah lagi. Kenabian sudah disegel dengan datangnya NABI PENUTUP


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
📷 i.instagram.com/kitaptafsirinspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-890

Previous
Next Post »