Broadcast 497: Siapakah Manusia Lemah Ini yang Masih Mempertanyakan Allah?

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 497
TAFSIR INSPIRASI
AR-RA’D  AYAT 11 - 15

📖 JUZ 13 AR-RA’D (GURUH)
Surah ke- 13 : 43  ayat

📑 5 KIAT MOVE ON DAN PERBAIKAN DIRI


1 & 2. Berbuat Baik & Tak Merugikan Orang Lain
لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ (١١)
Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.
💡INSPIRASI
Apa pun tempat dia BERGANTUNG selain ALLAH tidak mungkin dapat melindunginya.


3. Berpikir Positif
هُوَ الَّذِي يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنْشِئُ السَّحَابَ الثِّقَالَ (١٢)
Dialah yang memperlihatkan kilat kepadamu, yang menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia menjadikan mendung.
💡INSPIRASI
Kenapa harus menantikan yang buruk, bukan yang baik? Menantikan hukuman, bukan rahmat? Takut menghadapi halilintar, bukan mengharapkan KEBAIKAN dan hasil bumi yang melimpah dalam hujan yang datang di balik awan yang mengandung kilat.


4. Cintai Allah
وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَنْ يَشَاءُ وَهُمْ يُجَادِلُونَ فِي اللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ الْمِحَالِ (١٣)
Guruh bertasbih memuji-Nya, demikian pula para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, sementara mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia Mahakeras siksaan-Nya.
💡INSPIRASI
Siapakah MANUSIA LEMAH ini yang masih mempertanyakan Allah?


5. Kekuatan Doa
لَهُ دَعْوَةُ الْحَقِّ وَالَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ لا يَسْتَجِيبُونَ لَهُمْ بِشَيْءٍ إِلا كَبَاسِطِ كَفَّيْهِ إِلَى الْمَاءِ لِيَبْلُغَ فَاهُ وَمَا هُوَ بِبَالِغِهِ وَمَا دُعَاءُ الْكَافِرِينَ إِلا فِي ضَلالٍ (١٤)
Hanya kepada Allah doa yang benar. Berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat mengabulkan apa pun bagi mereka, tidak ubahnya seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air agar air sampai ke mulutnya. Padahal air itu tidak akan sampai ke mulutnya. Doa orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka.
💡INSPIRASI
TANPA IMAN, JELAS SEGALA DOA ATAU IBADAH BAGAIMANA PUN JUGA TIDAK ADA ARTINYA.


♒ Selain Allah Bukan Pelindung
وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ (١٥)
Semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa dan sujud pula bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari.
💡INSPIRASI
"BERSUJUD" sikap demikian berarti suatu pengakuan bahwa mereka sudah menyerahkan diri kepada kehendak dan hukum Allah, mau atau tidak mau.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
Remaja Cinta Alquran
Dukung Line@ Kitap Online Remaja
® http://line.me/ti/p/%40yqn6656u

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 497


Previous
Next Post »