Broadcast 499: Barangsiapa Bersabar Pasti Bahagia

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 499
TAFSIR INSPIRASI
AR-RA’D  AYAT 18 - 24

📖 JUZ 13 AR-RA’D (GURUH)
Surah ke- 13 : 43  ayat

📑 MUKMIN YANG BAIK MENDAPATKAN RIDA ALLAH DAN SURGA


1. Berbuat baik karena Allah: Mendapat Balasan Berlipat dari Allah
لِلَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمُ الْحُسْنَى وَالَّذِينَ لَمْ يَسْتَجِيبُوا لَهُ لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لافْتَدَوْا بِهِ أُولَئِكَ لَهُمْ سُوءُ الْحِسَابِ وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمِهَادُ (١٨)
Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhan, mereka disediakan balasan yang baik. Orang-orang yang tidak memenuhi seruan-Nya, sekiranya mereka memiliki semua yang ada di bumi dan ditambah sebanyak itu lagi, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu. Orang-orang itu mendapat perhitungan (hisab) yang buruk dan tempat kediaman mereka Jahanam, dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.
💡INSPIRASI
Api COBAAN DARI ALLAH, baik dengan kesengsaraan atau dengan kekayaan, dalam diri manusia akan ditemukan logam yang benar, dan yang sampah dia buang. Kelak akan terlihat, mana yang bermutu dan berguna, dan mana yang hanya buih dan sia-sia.

2. Berbuat karena Allah itu Bersumber dari Kekuatan Iman di Jiwa
 أَفَمَنْ يَعْلَمُ أَنَّمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ الْحَقُّ كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الألْبَابِ (١٩)
Apakah orang yang mengetahui bahwa apa yang diturunkan Tuhan kepadamu adalah kebenaran, sama dengan orang yang buta? Hanya orang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran.
💡INSPIRASI
Tidak sama antara mereka yang diberkahi dengan IMAN dan yang tidak. Yang pertama mencari Allah, dan mendapatkan kedamaian dan berkah dalam hati mereka, yang kedua sebaliknya.
3. Delapan Sifat Mulia dalam Islam
الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ (٢٠)
Yaitu (1) orang yang memenuhi janji Allah dan tidak melanggar perjanjian.
💡INSPIRASI
Mukmin yang cerdas adalah mukmin yang setia untuk MENEPATI JANJI dan tidak melanggarnya. Baik janji itu terhadap Allah ataupun terhadap manusia.

وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ (٢١)
(2) Orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan (3) mereka takut kepada Tuhannya dan (4) takut kepada hisab yang buruk. Mengadakan hubungan silaturahmi dan tali persaudaraan bagian dari perintah Allah.
💡INSPIRASI
MENCINTAI ALLAH DENGAN MENCINTAI MANUSIA.

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ (٢٢)
(5) Orang yang sabar karena mengharap keridaan Tuhannya, (6) melaksanakan salat, dan (7) menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta (8) menolak kejahatan dengan kebaikan; orang itulah yang mendapat tempat kesudahan yang baik.
💡INSPIRASI
PERJALANAN mereka dalam hidup ini merupakan persinggahan terbaik.

4. Upah Kebaikan itu Sangat Besar di Surga
جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالْمَلائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ (٢٣)
Yaitu surga-surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang yang saleh dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya, dan anak cucunya, sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.
💡INSPIRASI
IMAN dan KEBAIKAN yang dilakukan orang tidak saja memberi jaminan kebahagiaan bagi dirinya, tapi juga merambah kepada orang di sekitar dia, seperti: nenek moyang, pasangannya, dan anak cucu. Satu balasan yang luar biasa. Mukmin membayar satu rupiah kebaikan di dunia dan mendapatkan balasan triliunan di akhirat.


سَلامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ (٢٤)
Sambil mengucapkan, "Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu." Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.
💡INSPIRASI
Barangsiapa BERSABAR PASTI BAHAGIA.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
facebook.com/KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 499


 
Previous
Next Post »