Broadcast 552: Fungsi Alquran Menjelaskan Jalan Menuju Surga & Ridha Allah

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 552
TAFSIR INSPIRASI
AN-NAHL AYAT 61 - 64

📖 JUZ 14 AN-NAHL (LEBAH)
Surah ke- 16 : 128 ayat

🐝 TIDAK WAJARNYA SIKAP MUSYRIK MENISBAHKAN SESUATU KEPADA ALLAH

1. Ditunda Siksa agar Manusia Bertobat
وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللَّهُ النَّاسَ بِظُلْمِهِمْ مَا تَرَكَ عَلَيْهَا مِنْ دَابَّةٍ وَلَكِنْ يُؤَخِّرُهُمْ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلا يَسْتَقْدِمُونَ (٦١)
Kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya di bumi dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.
💡INSPIRASI
KEPUTUSAN ALLAH AKAN TETAP TERLAKSANA

2. Jika Akhirnya Disiksa itu Suatu Keadilan
وَيَجْعَلُونَ لِلَّهِ مَا يَكْرَهُونَ وَتَصِفُ أَلْسِنَتُهُمُ الْكَذِبَ أَنَّ لَهُمُ الْحُسْنَى لا جَرَمَ أَنَّ لَهُمُ النَّارَ وَأَنَّهُمْ مُفْرَطُونَ (٦٢)
Mereka menetapkan bagi Allah apa yang mereka sendiri membencinya, dan lidah mereka mengucapkan kebohongan, bahwa sesungguhnya segala yang baik-baik untuk mereka. Tidaklah diragukan bahwa nerakalah bagi mereka, dan sesungguhnya mereka segera akan dimasukkan ke dalamnya.
💡INSPIRASI
Filsafat bersenang-senang (Hedonisme) beranggapan bahwa kenikmatan hidup duniawi itulah tujuan, dan di balik itu tidak ada apa-apa lagi. Anggapan itu salah, sebenarnya tidak ada yang baik yang dapat diperoleh dari yang jahat. SEGALA KEJAHATAN SIKSA NERAKALAH BAGIANNYA. Siapa yang suka menyombongkan diri, mereka itulah yang pertama terjerumus ke neraka

3. Walau Tugas Setan Menggoda: Tersiksa Akibat Perbuatan Diri Sendiri
تَاللَّهِ لَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَى أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ فَهُوَ وَلِيُّهُمُ الْيَوْمَ وَلَهُمْ عَذَابٌ (٦٣)
Demi Allah, sungguh Kami telah mengutus rasul-rasul kepada umat-umat sebelum engkau (Muhammad), tetapi setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan mereka yang buruk, sehingga setan menjadi pemimpin mereka pada hari ini dan mereka akan mendapat azab yang sangat pedih.
💡INSPIRASI
Dalam setiap zaman dan pada semua orang Allah mengutus para rasul untuk mengajarkan agama dan kebenaran serta membimbing mereka ke jalan yang benar. Tetapi GODAAN SETAN selalu tampaknya lebih menarik

4. Fungsi Alquran Menjelaskan Jalan Menuju Surga & Ridha Allah
وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ إِلا لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ (٦٤)
Kami tidak menurunkan Kitab Alquran ini kepadamu (Muhammad), melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan, serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
💡INSPIRASI
RASULULLAH DIUTUS dengan wahyu (Alquran) dengan tiga pokok tujuan: (1) persatuan, (2) petunjuk pada tingkah laku yang benar; dan (3) memperlihatkan adanya pintu tobat dan rahmat. Mukmin sejati sangat bersemangat untuk meraih tiga tujuan pokok itu (persatuan, petunjuk dan rahmat) dengan cara memahami Alquran dan menjadikannya sebagai pola pikir kehidupan

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 552


Previous
Next Post »