Broadcast 557: Manusia Paling Sukar Berterima Kasih Termasuk Kepada Allah

📢 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-557
TAFSIR INSPIRASI
AL-NAHL  AYAT  79 - 83

📖 JUZ 14  AN-NAHL (LEBAH)
Surah ke- 16 : 128 ayat

5 KEKUATAN SYUKUR


1. Burung Terbang di Angkasa Berkat Kuasa Allah
أَلَمْ يَرَوْا إِلَى الطَّيْرِ مُسَخَّرَاتٍ فِي جَوِّ السَّمَاءِ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلا اللَّهُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ (٧٩)
Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dapat terbang di angkasa dengan mudah. Tidak ada yang menahannya selain Allah. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang beriman.
💡INSPIRASI
Segala KEAJAIBAN dalam penciptaan ini kembali kepada kekuasaan dan kebijaksanaan Allah, seperti burung yang terbang di angkasa.


2. Semua Nikmat Dunia itu Terbatas & Sekejap
وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الأنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَى حِينٍ (٨٠)
Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan membawanya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan dijadikan-Nya pula dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu tertentu.
💡INSPIRASI
Semua barang mewah, dan barang kesenangan yang dipergunakan hanya untuk sementara waktu, tetapi bagaimanapun juga harus dipandang sebagai PEMBERIAN ALLAH.


3. "Akhir dari Nikmat" Berserah Diri kepada Allah
وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلالا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ (٨١)
Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian baju besi yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikian Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri kepada-Nya.
💡INSPIRASI
Semua kenikmatan ini, baik demi tujuan jasmani ataupun rohani, harus mengajar manusia untuk BERSERAH DIRI kepada Allah dan menyesuaikan kehendaknya dengan kehendak Allah.

4. Tugas Nabi & Dai Menyampaikan Pesan Kebaikan Islam
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلاغُ الْمُبِينُ (٨٢)
Jika mereka berpaling, maka ketahuilah kewajiban yang dibebankan atasmu (Muhammad) hanyalah menyampaikan amanat Allah dengan terang.
[Maksudnya Nabi Muhammad Saw tidak dapat memberi taufik dan hidayah kepada seseorang sehingga dia beriman]
💡INSPIRASI
Tugas nabi dan dai hanya menyeru, mengajak, memotivasi dan memberi inspirasi akan indahnya Islam. JIKA MENOLAK KEBAIKAN ISLAM MAKA AKIBATNYA TIDAK MENJADI TANGGUNGAN NABI DAN DAI.


5. Manusia Paling Sukar Berterima Kasih Termasuk Kepada Allah
يَعْرِفُونَ نِعْمَةَ اللَّهِ ثُمَّ يُنْكِرُونَهَا وَأَكْثَرُهُمُ الْكَافِرُونَ (٨٣)
Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang yang ingkar kepada Allah.
💡INSPIRASI
SAMA SEKALI TIDAK MAU MENGENAL RASA SYUKUR, rasa terima kasih, sebab dalam kenyataannya mereka tidak mengaku berutang budi kepada-Nya atas semua kenikmatan itu.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-557


Previous
Next Post »