Brodcast 556: Allah Tuhan Maha Esa Maha Pengasih

📢 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-556
TAFSIR INSPIRASI
AL-NAHL  AYAT  75 - 78

📖 JUZ 14  AN-NAHL (LEBAH)
Surah ke- 16 : 128 ayat

ALLAH TUHAN MAHA ESA MAHA PENGASIH


1. Puji Allah: Dia Tuhan Sesungguhnya Bukan yang Lain
ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا عَبْدًا مَمْلُوكًا لا يَقْدِرُ عَلَى شَيْءٍ وَمَنْ رَزَقْنَاهُ مِنَّا رِزْقًا حَسَنًا فَهُوَ يُنْفِقُ مِنْهُ سِرًّا وَجَهْرًا هَلْ يَسْتَوُونَ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لا يَعْلَمُونَ (٧٥)
Allah membuat perumpamaan seorang hamba sahaya di bawah kekuasaan orang lain, yang tidak berdaya berbuat sesuatu, dan seorang yang Kami beri rezeki yang baik, lalu dia menginfakkan sebagian rezeki itu secara sembunyi-sembunyi dan secara terang-terangan. Samakah mereka itu? Segala puji hanya bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
[Maksud dari perumpamaan ini ialah untuk membantah orang musyrik yang menyamakan Allah yang memberi rezeki dengan berhala-berhala yang tidak berdaya.]
💡INSPIRASI
Tuhan yang MEMILIKI segala di langit dan di bumi, Dia bebas menganugerahkan segala karunia kepada semua makhluk.


2. Allah Tuhan Maha Kasih & Baik
وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلا رَجُلَيْنِ أَحَدُهُمَا أَبْكَمُ لا يَقْدِرُ عَلَى شَيْءٍ وَهُوَ كَلٌّ عَلَى مَوْلاهُ أَيْنَمَا يُوَجِّهْهُ لا يَأْتِ بِخَيْرٍ هَلْ يَسْتَوِي هُوَ وَمَنْ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَهُوَ عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (٧٦)
Allah juga membuat perumpamaan, dua orang laki-laki, yang seorang bisu, tidak dapat berbuat sesuatu dan dia menjadi beban penanggungnya, ke mana saja dia disuruh oleh penanggungnya itu, dia sama sekali tidak dapat mendatangkan suatu kebaikan. Samakah orang itu dengan orang yang menyuruh berbuat keadilan, dan dia berada di jalan yang lurus?
💡INSPIRASI
Mereka yang MENYIMPANG dari menyembah Allah Yang Maha Esa melakukan pengkhianatan ganda: (1) Mereka tidak mengakui perbedaan yang begitu besar antara Pencipta dan yang diciptakan. (2) mereka telah melakukan dosa besar dengan tidak mengenal rasa syukur.


3. Allah Penguasa: Kiamat itu Bagaikan Kedipan Mata
وَلِلَّهِ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَا أَمْرُ السَّاعَةِ إِلا كَلَمْحِ الْبَصَرِ أَوْ هُوَ أَقْرَبُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٧٧)
Milik Allah segala yang tersembunyi di langit dan di bumi. Urusan kejadian Kiamat itu, hanya seperti sekejap mata atau lebih cepat lagi. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
💡INSPIRASI
Kunci segalanya itu tak saja yang manusia lihat dan ketahui, tetapi juga yang tidak dia lihat dan tidak pernah terpikirkan, pada Allah yang ilmu dan KEKUASAAN-NYA TAK TERBATAS.


4. Allah Menganugerahkan Modal Hidup Bahagia: Telinga, Mata & Hati
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (٧٨)
Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur.
💡INSPIRASI
Manusia HARUS BERSYUKUR kepada Allah, bukan kepada dewa, kekuasaan atau kekuatan-kekuatan khayal.


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II : 5A06F361
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🆔 http://line.me/ti/p/%40zlf3934q

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-556


Previous
Next Post »