Broadcast 734: Munafik Itu Beriman tapi Hatinya Kafir

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 734
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 47 - 53

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 PERBEDAAN SIKAP MUNAFIK & MUKMIN DALAM BERTAHKIM KEPADA RASUL

1. Munafik itu Beriman di Lisan, tapi Hatinya Kafir
وَيَقُولُونَ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالرَّسُولِ وَأَطَعْنَا ثُمَّ يَتَوَلَّى فَرِيقٌ مِنْهُمْ مِنْ بَعْدِ ذَلِكَ وَمَا أُولَئِكَ بِالْمُؤْمِنِينَ (٤٧)
Mereka (orang-orang munafik) berkata, "Kami telah beriman kepada Allah dan Rasul Muhammad dan kami menaati keduanya". Kemudian sebagian dari mereka berpaling setelah itu. Mereka itu bukanlah orang-orang beriman.
💡INSPIRASI
KEIMANAN bukan ungkapan lidah semata, ia adalah keyakinan yang mendasar di DALAM HATI. Munafik disebut tidak beriman karena hatinya tidak mengakui

2. Ketika Diajak untuk Mengikuti Hukum Allah, Munafik Pasti Berpaling
وَإِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ إِذَا فَرِيقٌ مِنْهُمْ مُعْرِضُونَ (٤٨)
Apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya, agar Rasul memutuskan perkara di antara mereka, tiba-tiba sebagian dari mereka menolak untuk datang.
💡INSPIRASI
KEMUNAFIKAN –sebagaimana kekafiran- akan menimbulkan KEANGKUHAN DAN REAKTIF –menolak setiap kebaikan

3. Jika Ada Hak, Kafir Menuntut
وَإِنْ يَكُنْ لَهُمُ الْحَقُّ يَأْتُوا إِلَيْهِ مُذْعِنِينَ (٤٩)
Tetapi, jika kebenaran di pihak mereka, mereka datang kepadanya (Rasul) dengan patuh.
💡INSPIRASI
KESERAKAHAN DAN KEZALIMAN sudah umum berlaku sepanjang sejarah, dan harus dikikis

4. Munafik itu Berada dalam Kegelapan karena Tiga Alasan
أَفِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ أَمِ ارْتَابُوا أَمْ يَخَافُونَ أَنْ يَحِيفَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَرَسُولُهُ بَلْ أُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ (٥٠)
Apakah ketidakhadiran mereka karena (1) dalam hati mereka ada penyakit, atau (2) karena mereka ragu-ragu ataukah (3) karena takut kalau-kalau Allah dan Rasul-Nya berlaku zalim kepada mereka? Sebenarnya, mereka itulah orang-orang yang zalim.
💡INSPIRASI
Kenyataan yang sebenarnya ialah bahwa KESADARAN BATIN mereka itulah yang MENGHAJAR MEREKA. Mereka tahu kezaliman mereka sendiri

5. Mukmin Pasti Mendengar Perintah dan Taat Melakukannya
إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (٥١)
Hanya ucapan mukminin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan perkara di antara mereka, mereka berkata,"Kami mendengar, dan kami taat". Mereka itulah orang-orang yang beruntung. [Di antara sesama kaum Muslimin, dan antara kaum Muslimin dengan yang bukan Muslimin].
💡INSPIRASI
Kebahagiaan yang sesungguhnya, BAIK DI DUNIA ATAU DI AKHIRAT, tidak akan tercapai dengan penipuan atau dengan bermuka dua. Suatu keistimewaan bagi mereka yang mendengarkan sungguh-sungguh nasihat yang baik dan melaksanakannya dalam kehidupan

6. Yang Taat pada Allah Pasti Menang & Beruntung
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ (٥٢)
Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
💡INSPIRASI
KEMENANGAN ITU SAAT MANUSIA BAHAGIA BERTEMU ALLAH, Pencipta, di dunia dan di akhirat

7. Bukan Kata Semata, tapi Perbuatan dan Aksi
وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ لَئِنْ أَمَرْتَهُمْ لَيَخْرُجُنَّ قُلْ لا تُقْسِمُوا طَاعَةٌ مَعْرُوفَةٌ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (٥٣)
Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpah sungguh-sungguh, bahwa jika engkau suruh mereka berperang, pastilah mereka akan pergi. Katakanlah (Muhammad), "Janganlah kamu bersumpah, karena yang diminta adalah ketaatan yang baik. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan".
💡INSPIRASI
Kata-kata kosong itu tidak punya harga sedikit pun. YANG AKAN DINILAI OLEH ALLAH IALAH PERBUATAN kita, dan Dia tahu segalanya, yang terbuka dan yang tersembunyi

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 734




Previous
Next Post »