Broadcast 733: Allah Berdasarkan Pola Pikir Hamba-Nya

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 733
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 41 - 46

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 ALLAH TUHAN MAHAKUASA


1. Pencerminan Kekuasaan Allah di Langit & Bumi
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ (٤١)
Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui cara berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.
💡INSPIRASI
SEMUA PENGHUNI LANGIT, seperti malaikat, semua penghuni bumi (termasuk air), seperti manusia, hewan, serangga, ikan dsb., dan semua penghuni udara, seperti burung BERTASBIH MEMUJI ALLAH. Masing-masing punya cara sendiri dalam berdoa dan bertasbih

2. Allah adalah Pemilik dalam Arti Sesungguhnya
وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ (٤٢)
Milik Allah kerajaan langit dan bumi dan hanya kepada Allah kembali seluruh makhluk.
💡INSPIRASI
Dari Dia manusia datang, pada-Nya MANUSIA BERGANTUNG dan KEPADA-NYA manusia akan kembali. Tidak hanya manusia, tetapi semua makhluk di seluruh dunia menyatakan yang demikian

3. Bukti Sederhana yang Menurunkan Hujan adalah Allah
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُزْجِي سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهُ ثُمَّ يَجْعَلُهُ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلالِهِ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ جِبَالٍ فِيهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَصْرِفُهُ عَنْ مَنْ يَشَاءُ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالأبْصَارِ (٤٣)
Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Dia juga menurunkan butiran-butiran es dari langit, yaitu dari gumpalan-gumpalan awan seperti gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya butiran-butiran es itu kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan.
💡INSPIRASI
Dalam kitab alam ini tidakkah manusia melihat adanya KEKUATAN DAN KEMURAHAN ALLAH?

4. Yang Membalikkan Siang dan Malam adalah Allah
يُقَلِّبُ اللَّهُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَعِبْرَةً لأولِي الأبْصَارِ (٤٤)
Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, pasti terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan yang tajam.
💡INSPIRASI
Kekuasaan, kebijakan dan kesempurnaan-Nya tampak tidak kurang dalam gejala alam yang tetap teratur

5. Yang Menciptakan Hewan adalah Allah
وَاللَّهُ خَلَقَ كُلَّ دَابَّةٍ مِنْ مَاءٍ فَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى بَطْنِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى رِجْلَيْنِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى أَرْبَعٍ يَخْلُقُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٤٥)
Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian yang lain berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
💡INSPIRASI
Dalam kehendak Allah, berbagai macam KECENDERUNGAN dan kebiasaan di antara HEWAN-HEWAN DISESUAIKAN DENGAN CARA HIDUP MEREKA

6. Semua Tanda Diberi Agar Manusia Mendapat Hidayah Menuju Jalan yang Lurus
لَقَدْ أَنْزَلْنَا آيَاتٍ مُبَيِّنَاتٍ وَاللَّهُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (٤٦)
Sungguh, Kami telah menurunkan ayat-ayat yang memberi penjelasan. Allah memberi petunjuk siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.
💡INSPIRASI
Allah memberi petunjuk saat manusia memilih petunjuk Allah dan menikmatinya. ALLAH BERDASARKAN POLA PIKIR HAMBA-NYA

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 733


Previous
Next Post »