Broadcast 738: Meneladani Nabi itu Meneladani Akhlaknya

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 738
TAFSIR INSPIRASI
AN-NUR AYAT 62 - 64

📖 JUZ 18 AN-NUR (CAHAYA)
SURAH KE- 24 : 64 AYAT

💥 ADAB PERGAULAN MUKMININ TERHADAP RASULULLAH SAW

1. Minta Izin jika dalam Majelis
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِذَا كَانُوا مَعَهُ عَلَى أَمْرٍ جَامِعٍ لَمْ يَذْهَبُوا حَتَّى يَسْتَأْذِنُوهُ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَأْذِنُونَكَ أُولَئِكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِذَا اسْتَأْذَنُوكَ لِبَعْضِ شَأْنِهِمْ فَأْذَنْ لِمَنْ شِئْتَ مِنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمُ اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٦٢)
Yang disebut orang mukmin hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya Muhammad, dan apabila mereka berada bersama-sama dengan Muhammad dalam suatu urusan bersama, mereka tidak meninggalkan Rasulullah sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin kepadamu (Muhammad), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena suatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang engkau kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
MEMINTA IZIN JIKA MENINGGALKAN MAJELIS adalah terhormat dan mulia

2. Memuliakan Nabi itu Meneladani Akhlaknya
لا تَجْعَلُوا دُعَاءَ الرَّسُولِ بَيْنَكُمْ كَدُعَاءِ بَعْضِكُمْ بَعْضًا قَدْ يَعْلَمُ اللَّهُ الَّذِينَ يَتَسَلَّلُونَ مِنْكُمْ لِوَاذًا فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (٦٣)
Janganlah kamu jadikan panggilan Rasul (Muhammad) di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian yang lain. Sungguh, Allah mengetahui orang-orang yang keluar secara sembunyi-sembunyi di antara kamu dengan berlindung kepada kawannya, maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan atau ditimpa azab yang pedih. ["Cobaan" diartikan sebagai nasib yang malang di dunia ini, dan "azab yang pedih" sebagai hukuman di akhirat]
💡INSPIRASI
Nabi Muhammad dihormati dalam pengucapannya, tapi lebih dari itu. Sebenarnya MENGHORMATI MUHAMMAD itu dengan MENGIKUTI PERINTAH ALLAH dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad. Mengikuti akhlaknya=memuliakan

3. Akhlak Muncul dari Niat Baik
 أَلا إِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ قَدْ يَعْلَمُ مَا أَنْتُمْ عَلَيْهِ وَيَوْمَ يُرْجَعُونَ إِلَيْهِ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (٦٤)
Ketahuilah, sesungguhnya milik Allah-lah apa yang di langit dan di bumi. Dia mengetahuikeadaan kamu sekarang. Mengetahui pula hari ketika mereka dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
💡INSPIRASI
Keadaanmu atau posisimu sekarang adalah NIAT yang tergerak dalam hatimu serta tujuan yang ada dalam pikiranmu

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II : D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🆔 http://line.me/ti/p/%40zlf3934q

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 738


Previous
Next Post »