Broadcast 802: 5 Sikap Positif Seorang Pemimpin

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 802
TAFSIR INSPIRASI
AN-NAML AYAT 36 - 40

📖 JUZ 19 AN-NAML (SEMUT)
SURAH KE-27 : 93 AYAT

🐜 5 SIKAP POSITIF SEORANG PEMIMPIN


1. Mengendalikan Diri
فَلَمَّا جَاءَ سُلَيْمَانَ قَالَ أَتُمِدُّونَنِ بِمَالٍ فَمَا آتَانِيَ اللَّهُ خَيْرٌ مِمَّا آتَاكُمْ بَلْ أَنْتُمْ بِهَدِيَّتِكُمْ تَفْرَحُونَ (٣٦)
Maka ketika para utusan itu sampai kepada Sulaiman, Sulaiman berkata, "Apakah kamu akan memberi harta kepadaku? Apa yang Allah berikan kepadaku lebih baik daripada apa yang Allah berikan kepadamu; tetapi kamu merasa bangga dengan hadiahmu".
💡INSPIRASI
POLA PIKIR MANUSIA membentuk kelakuannya, jika manusia senang kepada peminta, maka dia adalah pencinta akhirat, jika manusia senang kepada pemberi hadiah, maka dia adalah pencinta dunia. Orang terakhir ini berbahaya. Dia melakukan segala cara untuk mendapatkan "hadiah" (dunia fana ini)

2. Memiliki Sifat yang Kreatif
ارْجِعْ إِلَيْهِمْ فَلَنَأْتِيَنَّهُمْ بِجُنُودٍ لا قِبَلَ لَهُمْ بِهَا وَلَنُخْرِجَنَّهُمْ مِنْهَا أَذِلَّةً وَهُمْ صَاغِرُونَ (٣٧)
"Kembalilah kepada mereka! Sungguh, Kami pasti akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak mampu melawannya, dan akan kami usir mereka dari negeri itu (Saba') secara terhina dan mereka akan menjadi tawanan yang hina dina".
💡INSPIRASI
SULAIMAN: NABI, PENGUASA YANG KAYA RAYA, dia pencinta akhirat, tujuan hidupnya bukan mengejar hadiah (dunia fana). Niatnya mengajak Saba beriman adalah tulus dan ikhlas


3. Antusias & Berpikir Terbuka
قَالَ يَا أَيُّهَا الْمَلأ أَيُّكُمْ يَأْتِينِي بِعَرْشِهَا قَبْلَ أَنْ يَأْتُونِي مُسْلِمِينَ (٣٨)
Sulaiman berkata, "Wahai para pembesar! Siapakah di antara kamu yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku menyerahkan diri?"
💡INSPIRASI
TAHTA itu secara simbolik adalah kekuasaan dan kemegahan. Tetapi tahta ratu itu dasarnya adalah materi dan kekayaan. Sulaiman bermaksud mengubahnya menjadi dasar IMAN DAN AGAMA TAUHID


4. Optimis & Penuh Toleransi
قَالَ عِفْريتٌ مِنَ الْجِنِّ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ أَمِينٌ (٣٩)
‘Ifrit dari golongan jin berkata, "Akulah yang akan membawanya kepadamu sebelum engkau berdiri dari tempat dudukmu; dan sungguh, aku kuat melakukannya dan dapat dipercaya".
💡INSPIRASI
Dalam BERBUAT BAIK, selalu saja datang bantuan yang memudahkan tanpa diduga dan disangka

5. Memiliki Kecerdasan/ Intelligence
قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ (٤٠)
Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab (kitab yang diturunkan sebelum Nabi Sulaiman as yaitu Taurat dan Zabur) berkata, "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka ketika Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, dia pun berkata, "Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari nikmat-Nya. Barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk kebaikan dirinya sendiri, dan barangsiapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya, Maha mulia".
💡INSPIRASI
RASA SYUKUR manusia kepada Allah tidak berarti akan menguntungkan Dia, sebab Tuhan Mahakaya, tidak memerlukan segala sesuatu. Yang demikian itu hanya akan menguntungkan jiwamu sendiri. Dan akan menempatkanmu pada kedudukan yang lebih tinggi

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 802


Previous
Next Post »