Broadcast 803: Gigih Membela Kebenaran

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 803
TAFSIR INSPIRASI
AN-NAML AYAT 41 - 44

📖 JUZ 19 AN-NAML (SEMUT)
SURAH KE- 27 : 93 AYAT

🐜 CINTA KEBENARAN SEORANG PEMIMPIN

1. Gigih Membela Kebenaran
قَالَ نَكِّرُوا لَهَا عَرْشَهَا نَنْظُرْ أَتَهْتَدِي أَمْ تَكُونُ مِنَ الَّذِينَ لا يَهْتَدُونَ (٤١)
Sulaiman berkata, "Ubahlah untuknya singgasananya; kita akan melihat apakah Balqis mengenal; atau tidak mengenalnya lagi". 
💡INSPIRASI
Tidak semua nabi yang diutus Allah, miskin dan lemah, NABI SULAIMAN ADALAH KAYA DAN KUAT. Adanya nabi berstatus kurang memiliki, karena agama selalu menjadi rujukan bagi mereka yang menderita dan tertindas

2. Kehati-hatian dalam Menerima Informasi
فَلَمَّا جَاءَتْ قِيلَ أَهَكَذَا عَرْشُكِ قَالَتْ كَأَنَّهُ هُوَ وَأُوتِينَا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهَا وَكُنَّا مُسْلِمِينَ (٤٢)
Ketika Balqis datang, ditanyakanlah kepadanya, "Serupa inikah singgasanamu?" Balqis menjawab, "Seakan-akan itulah dia",  Dia Balqis berkata, "Kami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri kepada Allah". [Balqis telah mengetahui kenabian Sulaiman as sebelum singgasananya dipindahkan dari negeri Saba' ke Palestina dalam sekejap mata].
💡INSPIRASI
Mereka mengenal UTUSAN ALLAH dalam diri Sulaiman, dan menerima agama yang benar dengan sepenuh hati


3. Jujur dalam Segala Hal
وَصَدَّهَا مَا كَانَتْ تَعْبُدُ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنَّهَا كَانَتْ مِنْ قَوْمٍ كَافِرِينَ (٤٣)
Kebiasaannya menyembah selain Allah mencegahnya untuk melahirkan keislamannya, sesungguhnya Balqis dahulu termasuk orang-orang kafir.
💡INSPIRASI
Kunjungan kepada Sulaiman itu memperkuat KEIMANAN BALQIS yang sesungguhnya, dan telah mencegahnya tergelincir ke dalam cara penyembahan yang sesat oleh nenek moyangnya


4. Dapat Dipercaya karena Telah Percaya pada Allah
قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الصَّرْحَ فَلَمَّا رَأَتْهُ حَسِبَتْهُ لُجَّةً وَكَشَفَتْ عَنْ سَاقَيْهَا قَالَ إِنَّهُ صَرْحٌ مُمَرَّدٌ مِنْ قَوَارِيرَ قَالَتْ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي وَأَسْلَمْتُ مَعَ سُلَيْمَانَ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٤٤)
Dikatakan kepadanya (Balqis), "Masuklah ke dalam istana. Maka ketika Balqis melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya penutup kedua betisnya. Sulaiman berkata, "Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca". Balqis berkata, "Ya Tuhanku, sungguh, aku telah berbuat zalim terhadap diriku. Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam".
💡INSPIRASI
Seorang pengikut baru malah merasa bersyukur. Dengan segala senang hati, dan terus terang dia mengakui kesalahannya, dan dengan sepenuh hati akan tunduk dan menyertai sang guru, MENYEMBAH ALLAH SUMBER SEGALA KEBENARAN

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 803


Previous
Next Post »