Broadcast 816: Bencana Cobaan adalah Ujian untuk Naik Tingkat

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 816
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 7 - 13

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 DICAMPAKKAN KE SUNGAI = MENYELAMATKAN UMAT MANUSIA


1. Bencana, Cobaan adalah Ujian untuk Naik Tingkat
وَأَوْحَيْنَا إِلَى أُمِّ مُوسَى أَنْ أَرْضِعِيهِ فَإِذَا خِفْتِ عَلَيْهِ فَأَلْقِيهِ فِي الْيَمِّ وَلا تَخَافِي وَلا تَحْزَنِي إِنَّا رَادُّوهُ إِلَيْكِ وَجَاعِلُوهُ مِنَ الْمُرْسَلِينَ (٧)
Kami ilhamkan kepada ibunya Musa, "Susuilah Musa, dan apabila engkau khawatir terhadapnya maka hanyutkanlah dia ke sungai Nil. Janganlah engkau takut dan jangan pula bersedih hati, sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan menjadikannya salah seorang rasul".
💡INSPIRASI
PERINTAH ALLAH jika dilaksanakan sepenuh hati, akan berakhir dengan KESELAMATAN


2. Walaupun Hebat “Yang Salah Tetaplah Salah”
فَالْتَقَطَهُ آلُ فِرْعَوْنَ لِيَكُونَ لَهُمْ عَدُوًّا وَحَزَنًا إِنَّ فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَجُنُودَهُمَا كَانُوا خَاطِئِينَ (٨)
Dia dipungut oleh keluarga Firaun agar kelak dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. Sungguh, Firaun dan Haman bersama bala tentaranya adalah orang-orang yang bersalah. Inilah kehendak Yang Mahakuasa, bahwa orang yang jahat telah menjerat lehernya sendiri dengan mengasuh orang yang kelak akan membawa bencana bagi mereka dan menjadi alat yang akan menghukum mereka sendiri.
💡INSPIRASI
Bukti FIRAUN dan manusia bukan tuhan, betapa banyak manusia MEMELIHARA MUSUH DI RUMAHNYA YANG AKAN MENGHANCURKANNYA KELAK


3. Kejahatan itu Dihancurkan oleh Tangannya Sendiri
وَقَالَتِ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ قُرَّةُ عَيْنٍ لِي وَلَكَ لا تَقْتُلُوهُ عَسَى أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (٩)
Istri Firaun berkata, "Dia adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan dia bermanfaat kepada kita atau kita ambil dia menjadi anak", sedang mereka tidak menyadari.
💡INSPIRASI
Dalam segala kehidupan ALLAH SUDAH MENGATUR SEGALANYA, sehingga kejahatan itu akan dihancurkan oleh tangannya sendiri


4. Iman Membuat Manusia Tegar dalam Menghadapi Cobaan
وَأَصْبَحَ فُؤَادُ أُمِّ مُوسَى فَارِغًا إِنْ كَادَتْ لَتُبْدِي بِهِ لَوْلا أَنْ رَبَطْنَا عَلَى قَلْبِهَا لِتَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ (١٠)
Hati ibu Musa menjadi kosong (menyesal dan sangsikarena kekhawatiran atas keselamatan Musa). Sungguh, hampir saja dia menyatakannya (rahasia tentang Musa), seandainya tidak Kami teguhkan hatinya, agar dia termasuk orang-orang yang beriman kepada janji Allah.
💡INSPIRASI
Hati ibunda Musa merasa kosong berpisah dengan anaknya; tetapi keIMANannya akan pertolongan Allah, membuatnya terhindar dari perbuatan mengkhianati diri sendiri

5. Tetap Ambil Tindakan Positif & Jangan Bersikap Bodoh
وَقَالَتْ لأخْتِهِ قُصِّيهِ فَبَصُرَتْ بِهِ عَنْ جُنُبٍ وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (١١)
Ibunya Musa berkata kepada saudara perempuan Musa, “Ikutilah Musa". Maka kelihatan olehnya (Musa) dari jauh, sedang mereka tidak menyadarinya.
💡INSPIRASI
KASIH IBU SEPANJANG MASA, dan Allah Tuhan Maha Pengasih, kasih kamu sejauh mana?


6. Inisiatif Cerdas
وَحَرَّمْنَا عَلَيْهِ الْمَرَاضِعَ مِنْ قَبْلُ فَقَالَتْ هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى أَهْلِ بَيْتٍ يَكْفُلُونَهُ لَكُمْ وَهُمْ لَهُ نَاصِحُونَ (١٢)
Kami cegah Musa menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusuinya sebelum itu; maka berkatalah saudaranya Musa, "Maukah aku tunjukkan kepadamu, keluarga yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik padanya?"
💡INSPIRASI
Selalu ada cara untuk menyukseskan NIAT BAIK


7. Yakin Bersama Allah Pasti Bahagia
فَرَدَدْنَاهُ إِلَى أُمِّهِ كَيْ تَقَرَّ عَيْنُهَا وَلا تَحْزَنَ وَلِتَعْلَمَ أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لا يَعْلَمُونَ (١٣)
Kami kembalikan Musa kepada ibunya, agar senang hatinya dan tidak bersedih hati, dan agar dia mengetahui bahwa janji Allah adalah benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahuinya.
💡INSPIRASI
JANJI ALLAH SELALU BENAR, tetapi orang yang berpandang sempit, bila sedikit saja apa yang mereka rencanakan mengalami kegagalan, mereka tidak mengerti bahwa segala kebijaksanaan, kekuasaan dan kesempurnaan Allah jauh lebih luas dari pada rencana-rencana kecil yang mereka buat


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 816


Previous
Next Post »