Broadcast 817: Hidup Penuh Syukur Walau Tersungkur

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 817
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 14 - 19

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 HIDUP PENUH SYUKUR WALAU TERSUNGKUR


1. Orang Baik itu Tumbuh Berkat Ilmu & Kebijaksanaannya
وَلَمَّا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَاسْتَوَى آتَيْنَاهُ حُكْمًا وَعِلْمًا وَكَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ (١٤)
Setelah Musa dewasa dan sempurna akalnya, Kami anugerahkan kepadanya hikmah (kenabian) dan pengetahuan. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
💡INSPIRASI
Orang baik akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas, ini lebih penting dari limpahan harta. ILMU MENJAGAMU, harta kamu yang menjaganya


2. Niat Baik Saja Tidak Cukup
وَدَخَلَ الْمَدِينَةَ عَلَى حِينِ غَفْلَةٍ مِنْ أَهْلِهَا فَوَجَدَ فِيهَا رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلانِ هَذَا مِنْ شِيعَتِهِ وَهَذَا مِنْ عَدُوِّهِ فَاسْتَغَاثَهُ الَّذِي مِنْ شِيعَتِهِ عَلَى الَّذِي مِنْ عَدُوِّهِ فَوَكَزَهُ مُوسَى فَقَضَى عَلَيْهِ قَالَ هَذَا مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ عَدُوٌّ مُضِلٌّ مُبِينٌ (١٥)
Musa masuk ke kota Memphis ketika penduduknya sedang lengah, maka dia mendapati di dalam kota itu dua orang laki-laki sedang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan yang seorang lagi dari pihak musuhnya (kaum Firaun). Orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari pihak musuhnya, lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Musa berkata, "Ini adalah perbuatan setan. Sungguh, setan itu adalah musuh yang jelas menyesatkan". [Musa as menyesal atas kematian orang itu karena pukulannya, sebab dia bukanlah bermaksud untuk membunuhnya, tetapi hanya semata-mata membela kaumnya].
💡INSPIRASI
Musa sangat menyesal atas kesilapan dan bertobat; ia BERDOA KEPADA ALLAH, dan telah memperoleh pengampunan-Nya


3. Mengakui Kelemahan Diri dengan Segera Mohon Maaf & Minta Ampun
قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (١٦)
Musa berdoa, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku". Maka Allah mengampuninya. Sungguh, Allah, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
Salah bukan akhir dari kehidupan. JIKA SALAH AKUI KESALAHAN, mohon ma af dan mohon ampun. Tiada ada orang yang minta maaf dan ampun menjadi hina dan terhina


4. Tetap Bersyukur & Berpikir Positif atas Nikmat, Walau dalam Cobaan
قَالَ رَبِّ بِمَا أَنْعَمْتَ عَلَيَّ فَلَنْ أَكُونَ ظَهِيرًا لِلْمُجْرِمِينَ (١٧)
Musa berkata, "Ya Tuhanku! Demi nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, maka aku tidak akan menjadi penolong bagi orang-orang yang berdosa".
💡INSPIRASI
Pendosa tidak layak ditolong jika membuatnya tambah hanyut dalam dosa. Namun dia sangat layak ditolong dengan cara menariknya dari jurang dosa menuju TOBAT

5. Tidak Menggerutu Walau Dituduh Sesat
فَأَصْبَحَ فِي الْمَدِينَةِ خَائِفًا يَتَرَقَّبُ فَإِذَا الَّذِي اسْتَنْصَرَهُ بِالأمْسِ يَسْتَصْرِخُهُ قَالَ لَهُ مُوسَى إِنَّكَ لَغَوِيٌّ مُبِينٌ (١٨)
Karena itu, Musa menjadi ketakutan berada di kota itu sambil menunggu akibat perbuatannya, tiba-tiba orang yang kemarin meminta pertolongan berteriak meminta pertolongan kepadanya. Musa berkata kepadanya, "Engkau sungguh, orang yang nyata-nyata sesat".
💡INSPIRASI
Takutlah kepada orang yang kamu perlakukan baik terhadapnya. TIDAK SEMUA PERLAKUAN BAIK DIBALAS DENGAN KEBAIKAN. Walau demikian tetap berbuat baik


6. Apresiatif Atas Kebaikan Orang Lain
فَلَمَّا أَنْ أَرَادَ أَنْ يَبْطِشَ بِالَّذِي هُوَ عَدُوٌّ لَهُمَا قَالَ يَا مُوسَى أَتُرِيدُ أَنْ تَقْتُلَنِي كَمَا قَتَلْتَ نَفْسًا بِالأمْسِ إِنْ تُرِيدُ إِلا أَنْ تَكُونَ جَبَّارًا فِي الأرْضِ وَمَا تُرِيدُ أَنْ تَكُونَ مِنَ الْمُصْلِحِينَ (١٩)
Ketika Musa hendak memukul dengan keras orang yang menjadi musuh mereka berdua, musuhnya berkata, "Wahai Musa! Apakah engkau bermaksud membunuhku, sebagaimana kemarin engkau membunuh seseorang? Engkau hanya bermaksud menjadi orang yang berbuat sewenang-wenang di negeri ini, dan engkau tidak bermaksud menjadi salah seorang dari orang-orang yang mengadakan perdamaian".
💡INSPIRASI
Menjadi MUKMIN adalah MANUSIA YANG DAPAT MENAHAN MARAH


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 817



Previous
Next Post »