Broadcast 821: Pemimpin yang Hebat Terlihat dari Kerja Tim yang Solid

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 821
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 33 - 37

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 PENDELEGASIAN & KADERISASI TAMPUK KEPEMIMPINAN


1. Pemimpin itu Berani Berbuat: Berani Bertanggung Jawab
قَالَ رَبِّ إِنِّي قَتَلْتُ مِنْهُمْ نَفْسًا فَأَخَافُ أَنْ يَقْتُلُونِ (٣٣)
Musa berkata, "Ya Tuhanku, sungguh aku telah membunuh seorang dari golongan mereka, sehingga aku takut mereka akan membunuhku.
💡INSPIRASI
SEGALA RASA RAGU DAN KESULITAN yang akan dihadapinya DITUANGKANNYA SEMUA KEPADA ALLAH, dan dia memohonkan pertolongan dan dukungan sebagai manusia yang masih lemah. Seketika itu juga ia mendapat jaminan, yakni bantuan Harun saudaranya


2. Pemimpin Sukses itu Mendelegasikan Pekerjaan & Membuat Kader Tangguh
وَأَخِي هَارُونُ هُوَ أَفْصَحُ مِنِّي لِسَانًا فَأَرْسِلْهُ مَعِيَ رِدْءًا يُصَدِّقُنِي إِنِّي أَخَافُ أَنْ يُكَذِّبُونِ (٣٤)
Saudaraku Harun, dia lebih fasih lidahnya daripada aku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan perkataanku; sungguh, aku takut mereka akan mendustakanku". [Nabi Musa as selain merasa takut kepada Firaun juga merasa dirinya kurang lancar berbicara menghadapi Firaun. Maka dimohonkannya agar Allah mengutus Nabi Harun as bersamanya, yang lebih lancar bicaranya].
💡INSPIRASI
TANDA ORANG SUKSES ADALAH MEMILIKI TIM DAN DAPAT BEKERJA SAMA


3. Pemimpin yang Hebat Terlihat dari Kerja Tim yang Solid
قَالَ سَنَشُدُّ عَضُدَكَ بِأَخِيكَ وَنَجْعَلُ لَكُمَا سُلْطَانًا فَلا يَصِلُونَ إِلَيْكُمَا بِآيَاتِنَا أَنْتُمَا وَمَنِ اتَّبَعَكُمَا الْغَالِبُونَ (٣٥)
Allah berfirman, "Kami akan menguatkan engkau membantumu dengan saudaramu, dan Kami berikan kepadamu berdua kekuasaan yang besar, maka mereka tidak akan dapat mencapaimu; berangkatlah kamu berdua dengan membawa mukjizat Kami, kamu berdua dan orang yang mengikuti kamu yang akan menang".
💡INSPIRASI
KEKUATAN CAHAYA ALLAH sedemikian rupa, sehingga sinar ilahi itu mencapai mereka yang paling rendah sekalipun yang mencari ridha-Nya


4. Tetap saja Pemimpin itu Tampil di Depan
 فَلَمَّا جَاءَهُمْ مُوسَى بِآيَاتِنَا بَيِّنَاتٍ قَالُوا مَا هَذَا إِلا سِحْرٌ مُفْتَرًى وَمَا سَمِعْنَا بِهَذَا فِي آبَائِنَا الأوَّلِينَ (٣٦)
Ketika Musa datang kepada mereka dengan membawa mukjizat Kami yang nyata, mereka berkata, "Ini hanyalah sihir yang dibuat-buat, dan kami tidak pernah mendengar yang seperti ini pada nenek moyang kami dahulu".
💡INSPIRASI
TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENOLAK MUKJIZAT dan kuasa Allah, kecuali keangkuhan


5. Tugas Utama Pemimpin Menumbuhkan Kekuatan Iman dalam Jiwa
وَقَالَ مُوسَى رَبِّي أَعْلَمُ بِمَنْ جَاءَ بِالْهُدَى مِنْ عِنْدِهِ وَمَنْ تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ إِنَّهُ لا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ (٣٧)
Musa menjawab, "Tuhanku lebih mengetahui siapa yang pantas membawa petunjuk dari sisi-Nya dan siapa yang akan mendapat kesudahan yang baik di akhirat. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tidak akan mendapat kemenangan".
💡INSPIRASI
Satu-satunya pegangan dalam hal serupa ini ialah bermohon kepada Allah, dan INGAT AKAN AKHIRAT, masa depan yang terakhir. Permohonan demikian memerlukan iman


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
facebook.com/KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 821


Previous
Next Post »