Broadcast 820: Manusia Cerdas Melaksanakan Tugas Sampai Tuntas

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 820
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 29 - 32

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 INSPIRASI AGAR HIDUP MENEBAR MANFAAT KEBAIKAN


1. Tuntas dalam Kerja
فَلَمَّا قَضَى مُوسَى الأجَلَ وَسَارَ بِأَهْلِهِ آنَسَ مِنْ جَانِبِ الطُّورِ نَارًا قَالَ لأهْلِهِ امْكُثُوا إِنِّي آنَسْتُ نَارًا لَعَلِّي آتِيكُمْ مِنْهَا بِخَبَرٍ أَوْ جَذْوَةٍ مِنَ النَّارِ لَعَلَّكُمْ تَصْطَلُونَ (٢٩)
Ketika Musa telah menyelesaikan waktu yang ditentukan itu dengan mertuanya Syekh Madya dan dia berangkat dengan keluarganya, dia melihat api di lereng gunung pada suatu malam yang sangat gelap dan dingin. Dia berkata kepada keluarganya, "Tunggulah di sini, sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa suatu berita kepadamu dari tempat api itu atau membawa sepercik api, agar kamu dapat menghangatkan badan".
💡INSPIRASI
MANUSIA CERDAS MELAKSANAKAN TUGAS SAMPAI TUNTAS


2. Puncak Kebaikan adalah Mengabdi kepada Allah
فَلَمَّا أَتَاهَا نُودِيَ مِنْ شَاطِئِ الْوَادِ الأيْمَنِ فِي الْبُقْعَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ الشَّجَرَةِ أَنْ يَا مُوسَى إِنِّي أَنَا اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ (٣٠)
Ketika Musa sampai ke tempat api itu, dia diseru dari arah pinggir sebelah kanan lembah, dari sebatang pohon, di sebidang tanah yang diberkahi, "Wahai Musa! Sungguh, Aku adalah Allah, Tuhan seluruh alam!" [Di tempat dan saat itulah Nabi Musa as mulai diangkat menjadi rasul].
💡INSPIRASI
Kisah dalam Alquran itu ada dan pasti, tapi bukan itu tujuannya. TUJUAN KISAH ADALAH MEMPERKUAT IMAN DI DALAM JIWA


3. Bersama Allah Hidup Pasti Aman
وَأَنْ أَلْقِ عَصَاكَ فَلَمَّا رَآهَا تَهْتَزُّ كَأَنَّهَا جَانٌّ وَلَّى مُدْبِرًا وَلَمْ يُعَقِّبْ يَا مُوسَى أَقْبِلْ وَلا تَخَفْ إِنَّكَ مِنَ الآمِنِينَ (٣١)
"Lemparkanlah tongkatmu". Ketika Musa melihatnya bergerak-gerak seakan-akan seekor ular yang gesit, dia lari berbalik ke belakang tanpa menoleh. Allah berfirman, "Wahai Musa! Kemarilah dan jangan takut. Sesungguhnya engkau termasuk orang yang aman".
💡INSPIRASI
Sekarang dia merasa imannya sudah mantap, dalam menghadapi segala bahaya dan kesulitan, TUHAN AKAN MEMBIMBING DAN MELINDUNGINYA. Sebab dia benar-benar mengabdi kepada Allah, dan menjadi salah seorang yang sudah terpilih

Tebar Kebaikan Walau kepada Pemimpin Tirani
اسْلُكْ يَدَكَ فِي جَيْبِكَ تَخْرُجْ بَيْضَاءَ مِنْ غَيْرِ سُوءٍ وَاضْمُمْ إِلَيْكَ جَنَاحَكَ مِنَ الرَّهْبِ فَذَانِكَ بُرْهَانَانِ مِنْ رَبِّكَ إِلَى فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمًا فَاسِقِينَ (٣٢)
"Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, dia akan keluar putih bercahaya tanpa cacat, dan dekapkanlah kedua tanganmu ke dadamu apabila ketakutan. Itulah dua mukjizat dari Tuhanmu yang akan engkau pertunjukkan kepada Firaun dan para pembesarnya. Sungguh, mereka adalah orang-orang fasik".
💡INSPIRASI
MUKJIZAT BUKTI KUASA ALLAH, dan Dia ada, mengutus para nabi untuk membimbing manusia menuju kebahagiaan


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
📷 i.instagram.com/kitaptafsirinspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 820


Previous
Next Post »