Broadcast 830: Hakikat Kekayaan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 830
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 76 - 78

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 INSPIRASI DARI KISAH KARUN DAN KEKAYAANNYA (BAGIAN 1)


1. Banyak Harta Terkadang Membuat Manusia Gelap Hati (Sombong)
إِنَّ قَارُونَ كَانَ مِنْ قَوْمِ مُوسَى فَبَغَى عَلَيْهِمْ وَآتَيْنَاهُ مِنَ الْكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالْعُصْبَةِ أُولِي الْقُوَّةِ إِذْ قَالَ لَهُ قَوْمُهُ لا تَفْرَحْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ (٧٦)
Sesungguhnya Karun termasuk kaum Musa, tetapi dia berlaku zalim terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. Ingatlah ketika kaumnya berkata kepadanya, "Janganlah engkau terlalu bangga. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang membanggakan diri". Karun adalah salah seorang anak paman Nabi Musa as.
💡INSPIRASI
Manusia yang dijejali kekayaan seperti Karun tidak disukai Allah. Sebab hakikat KEKAYAAN ITU UNTUK DIJADIKAN SARANA PENGABDIAN KEPADA ALLAH, bukan untuk sok atau pamer


2. Empat Pesan Bijak Melihat Dunia & Harta
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ (٧٧)
(1) Carilah pahala negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, (2) tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia, dan (3) berbuat baik kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan (4) janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.
💡INSPIRASI
NAFKAHKAN HARTAMU UNTUK SEDEKAH dan segala amal yang baik di jalan Allah, Tuhanlah yang akan memberikan kepadamu dunia dan harta lewat hatimu yang lapang dan bahagia

3. Rezeki Bersumber dari Allah: Kerja & Ilmu adalah Sarana Penggapainya
قَالَ إِنَّمَا أُوتِيتُهُ عَلَى عِلْمٍ عِنْدِي أَوَلَمْ يَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ أَهْلَكَ مِنْ قَبْلِهِ مِنَ الْقُرُونِ مَنْ هُوَ أَشَدُّ مِنْهُ قُوَّةً وَأَكْثَرُ جَمْعًا وَلا يُسْأَلُ عَنْ ذُنُوبِهِمُ الْمُجْرِمُونَ (٧٨)
Karun berkata, "Sesungguhnya aku diberi harta itu, semata-mata karena ilmu yang ada padaku". Tidakkah dia tahu, bahwa Allah telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Orang-orang yang berdosa itu tidak perlu ditanya tentang dosa-dosa mereka.
💡INSPIRASI
KARUN sudah begitu buta dan congkak sehingga ia mengira segala jasa, ilmu, keterampilan dan kepandaian diperoleh karena kekayaannya, dan itu sebabnya sekarang ia lebih hebat dari siapa pun dan berhak memperlakukan orang lain sekehendak hatinya. Sungguh bodoh! Ia pun SEGERA DIBINASAKAN OLEH TUHAN. Bahkan Karun diberi waktu lebih panjang menikmati kekayaannya sebelum ia dilenyapkan karena kejahatan yang telah ia lakukan


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌀 twitter.com/TafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 830


Previous
Next Post »