Broadcast 831: Harta untuk Melawan Allah Tidak Dapat Menolong Manusia

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 831
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 79 - 82

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 INSPIRASI DARI KISAH KARUN DAN KEKAYAANNYA (BAGIAN 2)

4. Harta Bukan Tujuan Hidup Tapi Sarana Menggapai Ridha Allah & Surga-Nya
فَخَرَجَ عَلَى قَوْمِهِ فِي زِينَتِهِ قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ (٧٩)
Keluarlah Karun kepada kaumnya dengan kemegahannya. Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia berkata, "Mudah-mudahan kita mempunyai harta kekayaan seperti apa yang telah diberikan kepada Karun, sesungguhnya dia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar".
💡INSPIRASI
Tatkala dia sedang berada di puncak kejayaannya, orang yang BERPIKIR DUNIAWI banyak yang SAKIT HATI dan berpikir alangkah bahagianya sekiranya merekalah yang menempati kedudukannya itu


5. Tiga Kiat Menggapai Ridha Allah & Surga
وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَيْلَكُمْ ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لِمَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا وَلا يُلَقَّاهَا إِلا الصَّابِرُونَ (٨٠)
Tetapi orang-orang yang dianugerahi ilmu berkata, "Celakalah kamu! Ketahuilah, pahala Allah lebih baik bagi (1) orang-orang yang beriman dan (2) mengerjakan kebaikan, dan (3) pahala yang besar itu hanya diperoleh oleh orang-orang yang sabar".
💡INSPIRASI
Tetapi orang yang arif berpandangan jauh tidak demikian, mereka tahu akan adanya kekayaan yang lebih berharga dan lebih kekal

6. Akhir Perjalanan Manusia Angkuh: Hidup Tanpa Penolong & Tersiksa
فَخَسَفْنَا بِهِ وَبِدَارِهِ الأرْضَ فَمَا كَانَ لَهُ مِنْ فِئَةٍ يَنْصُرُونَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُنْتَصِرِينَ (٨١)
Kami benamkan Karun bersama rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah, dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri.
💡INSPIRASI
HARTA yang melimpah jika digunakan untuk MELAWAN ALLAH tidak dapat menolong manusia

7. Empat Ide Cerdas dari Inspirasi Karun
وَأَصْبَحَ الَّذِينَ تَمَنَّوْا مَكَانَهُ بِالأمْسِ يَقُولُونَ وَيْكَأَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ
يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَوْلا أَنْ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا وَيْكَأَنَّهُ لا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ (٨٢)
Orang-orang yang kemarin mengangan-angankan kedudukannya (Karun) itu berkata, "Aduhai, benarlah kiranya (1) Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan (2) membatasi bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. (3) Sekiranya Allah tidak melimpahkan karunia-Nya pada kita, tentu Dia telah membenamkan kita pula. (4) Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari nikmat Allah".
💡INSPIRASI
Dalam kenyataannya semua harta kekayaan harfiah itu adalah kebahagiaan palsu, atau dalam arti kata yang sebenarnya, tanpa KESEJAHTERAAN ROHANI, bukan kebahagiaan

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 831


Previous
Next Post »