Broadcast 881: Menghadapi Masalah dengan Tawakal dan Usaha

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 881
TAFSIR INSPIRASI
AL-AHZAB  AYAT 1-5

📖 JUZ  21 AL-AHZAB
SURAH KE- 33 : 73 AYAT





بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
 Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

TAKWA & TAWAKAL SOLUSI RUMAH TANGGA RAMAH


1. Takwa kepada Allah Swt Tuhan Bijaksana Asas Keluarga Sakinah
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللَّهَ وَلا تُطِعِ الْكَافِرِينَ وَالْمُنَافِقِينَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا (١)
Wahai Nabi! Bertakwalah kepada Allah dan janganlah engkau menuruti keinginan orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.
💡INSPIRASI
Menjadi MUKMIN MENJADI MANUSIA BAHAGIA. Kalau iman membahagiakan, kafir dan munafik menyengsarakan, mungkinkah mukmin menuruti kehendak kafir dan munafik!?


2. Ikuti Alquran: “Aplikasi Mindset”
وَاتَّبِعْ مَا يُوحَى إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا (٢)
Ikutilah apa yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.
💡INSPIRASI
Penilaian manusia mungkin salah, tetapi ALLAH MAHATAHU. Manusia dapat saja mencoba menghilangkan kebenaran, tetapi kearifan ada pada Allah.


3. Ikuti Alquran: “Menghadapi Masalah dengan Tawakal dan Usaha”
وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ وَكِيلا (٣)
Bertawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah sebagai pemelihara.
💡INSPIRASI
Mukmin bijak pasti sepenuh nya BERTAWAKAL KEPADA ALLAH. Dalam segala hal, Dialah Pelindung yang sebenarnya.


4. Zihar Ditembus dengan Kafarat
مَا جَعَلَ اللَّهُ لِرَجُلٍ مِنْ قَلْبَيْنِ فِي جَوْفِهِ وَمَا جَعَلَ أَزْوَاجَكُمُ اللائِي تُظَاهِرُونَ مِنْهُنَّ أُمَّهَاتِكُمْ وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءَكُمْ أَبْنَاءَكُمْ ذَلِكُمْ قَوْلُكُمْ بِأَفْوَاهِكُمْ وَاللَّهُ يَقُولُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِي السَّبِيلَ (٤)
Allah tidak menjadikan bagi seseorang dua hati dalam rongganya; dan Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zihar itu sebagai ibumu, (perkataan seorang suami kepada istrinya, “Punggungmu haram bagiku seperti punggung ibuku,” atau perkataan lain yang sama maksudnya). Dia tidak menjadikan anak angkatmu sebagai anak kandungmu sendiri. Yang demikian itu hanyalah perkataan di mulutmu saja. Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan yang benar.
[Adalah menjadi adat kebiasaan orang Arab Jahiliah bahwa apabila dia berkata demikian kepada istrinya maka istrinya itu haram baginya untuk selama-lamanya. Tetapi setelah Islam datang, maka yang haram untuk selama-lamanya itu dihapuskan, dan istri-istri itu kembali halal baginya dengan membayar kafarat (denda).]
💡INSPIRASI
CINTA KEPADA ALLAH ITU SATU dan utuh, tidak dua dan berbagi. Mencintai Allah, mencintai sesama.


5. Kedudukan Anak Angkat Tak Pernah Sama dengan Anak Kandung
ادْعُوهُمْ لآبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ فَإِنْ لَمْ تَعْلَمُوا آبَاءَهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَمَوَالِيكُمْ وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (٥)
Panggillah mereka (anak angkat itu) dengan memakai nama bapak-bapak mereka; itulah yang adil di sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak mereka, maka panggillah mereka sebagai saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu (atau hamba sahaya yang sudah dimerdekakan atau dijadikan anak angkat. Seperti Salim anak angkat Huzaifah, dipanggil Maula Huzaifah). Tidak ada dosa atasmu jika kamu khilaf tentang itu, tetapi yang ada dosanya apa yang disengaja oleh hatimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
💡INSPIRASI
Bukan masalah jika hanya karena keliru.

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 881


Previous
Next Post »