Broadcast 894: Nikah Halal, Zina Haram

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 894
TAFSIR INSPIRASI
AL-AHZAB  AYAT 51-52

📖 JUZ  22 AL-AHZAB
SURAH KE- 33 : 73 AYAT

4 KETENTUAN ISLAM TENTANG HUKUM PERKAWINAN (BAGIAN 2)


3. Nabi boleh Memilih di antara Istri-istrinya, Siapa yang Tetap Dipegangnya dan Dilepaskan
تُرْجِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُنَّ وَتُؤْوِي إِلَيْكَ مَنْ تَشَاءُ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلا جُنَاحَ عَلَيْكَ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ تَقَرَّ أَعْيُنُهُنَّ وَلا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَا آتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا فِي قُلُوبِكُمْ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَلِيمًا (٥١)
 Engkau boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang engkau kehendaki di antara mereka (para istrimu) dan boleh pula menggauli siapa di antara mereka yang engkau kehendaki. Siapa yang engkau ingini untuk menggaulinya kembali dari istri-istrimu yang telah engkau sisihkan, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan mereka rela dengan apa yang telah engkau berikan kepada mereka semuanya. Allah mengetahui apa yang tersimpan dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui, Maha Penyantun. 
💡INSPIRASI
Nama-Nya “Maha Penyantun” (Halim) juga memberi isyarat kepada hamba-Nya yang taat: kenapa manusia juga tidak MENYANTUNI dan menenggang kesalahan dan kelemahan para tetangga dan sesamanya?


4. Nabi tidak Boleh Kawin Lagi Sesudah Ayat ini Diturunkan
لا يَحِلُّ لَكَ النِّسَاءُ مِنْ بَعْدُ وَلا أَنْ تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ أَزْوَاجٍ وَلَوْ أَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ إِلا مَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ رَقِيبًا (٥٢)
Tidak halal bagimu (Muhammad) menikahi perempuan-perempuan lain setelah itu, dan tidak boleh pula mengganti mereka dengan istri-istri yang lain, meskipun kecantikannya menarik hatimu kecuali perempuan-perempuan hamba sahaya yang engkau miliki. Allah Maha Mengawasi segala sesuatu.
💡INSPIRASI
Perkawinan Nabi Muhammad dengan WANITA CANTIK DAN BANYAK ADALAH MANUSIAWI. Dia bukan yang pertama melakukan poligami di jajaran para nabi. Nikah halal, zina haram

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
https://bit.ly/Telegram_KitapTafsirInspirasi

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-894

Previous
Next Post »