Broadcast 903: Maksimalkan Bakat dan Potensi

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 903
TAFSIR INSPIRASI
SABA’  AYAT  10-14

📖 JUZ 22  SABA’  (KAUM SABA’)
SURAH KE- 34 : 54 AYAT

MAKSIMALKAN BAKAT DAN POTENSI: INSPIRASI DAUD DAN SULAIMAN AS


1.Potensi yang Diberikan Allah 100%: Optimalkan
وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ مِنَّا فَضْلا يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ (١٠)
Sungguh, Telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. Kami berfirman, “Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud,” dan Kami telah melunakkan besi untuknya.
💡INSPIRASI
PERANG DALAM DUNIA MORAL dan rohani, baju besi pelindung juga DIPERLUKAN, dan ini dapat dibuat dari kenyataan hidup yang kasar dan keras


2. Potensi yang Ada, Diarahkan Untuk Kebaikan
أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (١١)
Yaitu buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah kebaikan. Sungguh, Aku Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
💡INSPIRASI
Dalam kondisi apa pun, BERBUAT BAIK TETAP DITUNTUT. Allah Maha Melihat apa yang manusia lakukan


3. Keberhasilan Mengoptimalkan Potensi itu Berkat Izin Allah
وَلِسُلَيْمَانَ الرِّيحَ غُدُوُّهَا شَهْرٌ وَرَوَاحُهَا شَهْرٌ وَأَسَلْنَا لَهُ عَيْنَ الْقِطْرِ وَمِنَ الْجِنِّ مَنْ يَعْمَلُ بَيْنَ يَدَيْهِ بِإِذْنِ رَبِّهِ وَمَنْ يَزِغْ مِنْهُمْ عَنْ أَمْرِنَا نُذِقْهُ مِنْ عَذَابِ السَّعِيرِ (١٢)
Kami tundukkan angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya pada waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya pada waktu sore sama dengan perjalanan sebulan pula (Perjalanan dari pagi sampai tengah hari, maka jarak yang ditempuhnya sama dengan jarak perjalanan unta yang cepat dalam sebulan. Begitu pula apabila dia mengadakan perjalanan dari tengah hari sampai sore). Kami alirkan cairan tembaga baginya. Sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.
💡INSPIRASI
Alam ini ditundukkan Allah kepada manusia, sudah sewajarnya manusia MENGUCAPKAN RASA SYUKUR KEPADA-NYA dengan iman dan amal saleh


4. Tidak Mengoptimalkan Potensi= Kufur Nikmat
يَعْمَلُونَ لَهُ مَا يَشَاءُ مِنْ مَحَارِيبَ وَتَمَاثِيلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَاسِيَاتٍ اعْمَلُوا آلَ دَاوُدَ شُكْرًا وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ (١٣)
Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya membuat gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang besarnya seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap berada di atas tungku. Bekerjalah wahai keluarga Daud untuk bersyukur kepada Allah. Sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.
💡INSPIRASI
TANPA PERBUATAN YANG BAIK, SEMUA keagungan dan kekuasaan itu TIDAK ADA ARTINYA dan dalam beberapa generasi saja ia sudah merosot, dengan jatuhnya semangat moral yang mendasarinya


5. Hidup Saling Menghargai Potensi Masing-Masing dan Makhluk Lain
فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَى مَوْتِهِ إِلا دَابَّةُ الأرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ (١٤)
Ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman), tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.
💡INSPIRASI
Jangan meremehkan siapapun, karena setiap yang diciptakan Allah itu memiliki potensi dan keunggulan masing-masing


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE-903

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »