Broadcast 818: 5 Solusi Hadapi Masalah

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 818
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 20 - 24

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 5 SOLUSI HADAPI MASALAH


1. "Keluar" Terkadang Solusi
وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ يَسْعَى قَالَ يَا مُوسَى إِنَّ الْمَلأ يَأْتَمِرُونَ بِكَ لِيَقْتُلُوكَ فَاخْرُجْ إِنِّي لَكَ مِنَ النَّاصِحِينَ (٢٠)
Seorang laki-laki datang bergegas dari ujung kota seraya berkata, "Wahai Musa! Sesungguhnya para pembesar negeri sedang berunding tentang engkau untuk membunuhmu, maka keluarlah dari kota ini, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang memberi nasihat kepadamu".
💡INSPIRASI
Rupanya desas-desus sudah sampai di Istana, dan setelah diadakan sidang diputuskan MUSA AKAN DIBUNUH


2. Doa & Meminta Keselamatan dari Allah
فَخَرَجَ مِنْهَا خَائِفًا يَتَرَقَّبُ قَالَ رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ (٢١)
Keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut, waspada kalau ada yang menyusul atau menangkapnya, dia berdoa, "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu".
💡INSPIRASI
Pikirannya sedang resah. Tetapi IA KEMBALI KEPADA ALLAH dan berdoa. Ia merasa mendapat hiburan, dan setelah itu rasanya tidak ada yang sulit untuk meninggalkan kota penindas


3. Tetap Fokus Menapak Hidayah
وَلَمَّا تَوَجَّهَ تِلْقَاءَ مَدْيَنَ قَالَ عَسَى رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ (٢٢)
Ketika dia menuju ke arah negeri Madyan dia berdoa lagi, "Mudah-mudahan Tuhanku memimpin aku ke jalan yang benar".
💡INSPIRASI
Nabi Musa berbalik ke arah Madyan, dan sekali lagi ia berdoa kepada Allah memohonkan bimbingan


4. Selesaikan Masalah Orang: Selesai Masalahmu
وَلَمَّا وَرَدَ مَاءَ مَدْيَنَ وَجَدَ عَلَيْهِ أُمَّةً مِنَ النَّاسِ يَسْقُونَ وَوَجَدَ مِنْ دُونِهِمُ امْرَأتَيْنِ تَذُودَانِ قَالَ مَا خَطْبُكُمَا قَالَتَا لا نَسْقِي حَتَّى يُصْدِرَ الرِّعَاءُ وَأَبُونَا شَيْخٌ كَبِيرٌ (٢٣)
Ketika dia sampai di sumber air negeri Madyan, dia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang memberi minum ternaknya, dan dia menjumpai di belakang orang banyak itu, dua orang perempuan sedang menghambat ternaknya. Musa berkata, "Apakah maksudmu dengan berbuat begitu?" Kedua perempuan itu menjawab, "Kami tidak dapat memberi minum ternak kami, sebelum penggembala-penggembala itu memulangkan ternaknya, sedang ayah kami adalah orang tua yang telah lanjut usianya".
💡INSPIRASI
Manusia yang baik adalah MANUSIA yang MEMILIKI ADAB DAN SOPAN SANTUN. Satu bangsa menjadi kekal selama akhlak masih dipegang; jika akhlak telah hilang, bangsa itu pun lenyap


5. Yakin Allah Beri Terbaik
فَسَقَى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّى إِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ (٢٤)
Maka Musa memberi minum ternak kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan makanan yang Engkau turunkan kepadaku".
💡INSPIRASI
Bayangan sebuah rumah tangga yang menyenangkan, dipimpin oleh seorang tua yang kaya dengan ternak, dan lebih kaya lagi dengan dua anak gadis, begitu bersahaja dengan kecantikannya. Barangkali dia tidak akan pernah melihat mereka lagi. Tetapi yang MAHAKUASA MEMBERIKAN sesuatu buat dia, yang di luar dugaannya


📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 https://bit.ly/Klik_AyoWakaf
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🌏 ki-tap.blogspot.co.id

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 818


Previous
Next Post »