Broadcast 819: Sopan Santun Modal Kehidupan

📮 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 819
TAFSIR INSPIRASI
AL-QASHASH AYAT 25 - 28

📖 JUZ 20 AL-QASHASH (KISAH-KISAH)
SURAH KE- 28 : 88 AYAT

🎬 SOPAN SANTUN MODAL KEHIDUPAN


1. Kerja sebagai Panggilan Ilahi & Orientasinya Allah
فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِي يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا فَلَمَّا جَاءَهُ وَقَصَّ عَلَيْهِ الْقَصَصَ قَالَ لا تَخَفْ نَجَوْتَ مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ (٢٥)
Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua perempuan itu berjalan dengan malu-malu, dia berkata, "Sesungguhnya ayahku mengundangmu untuk memberi balasan sebagai imbalan atas kebaikanmu memberi minum ternak kami". Ketika Musa mendatangi ayahnya (Syuaib) dan dia menceritakan kepadanya kisah mengenai dirinya, Syuaib berkata, "Janganlah engkau takut! Engkau telah selamat dari orang-orang yang zalim itu".
💡INSPIRASI
Dengan sopan wanita menyampaikan pesan terima kasih: "TERIMA KASIH atas bantuanmu kepada kami". Berterima kasih terkadang membalas jasa atas segala kebaikan kebaikan


2. Modal Hidup: a. Kuat Jiwa Raga, b. Jujur
قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَا أَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الأمِينُ (٢٦)
Salah seorang dari kedua perempuan itu berkata, "Wahai ayahku! Jadikanlah dia sebagai pekerja pada kita, sesungguhnya orang yang paling baik yang engkau ambil sebagai pekerja pada kita ialah orang yang kuat dan dapat dipercaya".
💡INSPIRASI
KUAT DAN JUJUR; sudah dibuktikan nabi, dan bawaan laki-laki demikian inilah yang PALING DIKAGUMI PEREMPUAN yang mencintainya

3. Menepati Janji & Layak Pakai
الَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ هَاتَيْنِ عَلَى أَنْ تَأْجُرَنِي ثَمَانِيَ حِجَجٍ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّالِحِينَ (٢٧)
Syuaib berkata, "Sesungguhnya aku bermaksud ingin menikahkan engkau dengan salah seorang dari kedua anak perempuanku ini, dengan ketentuan bahwa engkau bekerja padaku selama delapan tahun dan jika engkau sempurnakan sepuluh tahun maka itu adalah suatu kebaikan darimu, dan aku tidak bermaksud memberatkan engkau. Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang baik".
💡INSPIRASI
Orang tua perlu cerdas melihat gelagat anak gadisnya. Setelah masa percobaan kerja itu selesai, MASA DEPAN yang baru dan gemilang memang sedang menunggu


4. Tawakal atau Berserah Diri kepada Allah
قَالَ ذَلِكَ بَيْنِي وَبَيْنَكَ أَيَّمَا الأجَلَيْنِ قَضَيْتُ فَلا عُدْوَانَ عَلَيَّ وَاللَّهُ عَلَى مَا نَقُولُ وَكِيلٌ (٢٨)
Musa berkata, "Itu perjanjian antara aku dan engkau. Yang mana saja dari kedua waktu yang ditentukan itu yang aku sempurnakan, maka tidak ada tuntutan tambahan atas diriku lagi. Allah menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan".
💡INSPIRASI
Seorang perempuan tidak perlu harus menjadi perangkap dan penggoda: mungkin dia menjadi pasangan yang membantu dan saling pengertian. Seperti halnya dengan KHADIJAH terhadap NABI MUHAMMAD

📚 Tafsir Inspirasi
✒️ Dr. Zainal Arifin Zakaria, MA
📥 http://bit.ly/klikpesantafsirwhatsapp
=====================
📱 BBM II: D97518D4
📭 BBM Channel PIN C00375E73
🔊 Audio Tafsir Quran
https://telegram.me/infokitap
https://telegram.me/tafsirqu

📅 SURAT CINTA ALLAH HARI KE- 819


Previous
Next Post »